nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampung Ulos Bakal Dijadikan Destinasi Wisata Berkelas di Samosir

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 04 406 2087521 kampung-ulos-bakal-dijadikan-destinasi-wisata-berkelas-di-samosir-hArOBb7Wy9.jpg Presiden Jokowi dan Iriana di Kampung Ulos Hutaraja, Samosir (Foto: jojo__ismyname/Instagram)

Saat kunjungan kerjanya di kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Presiden Jokowi berjanji akan merapikan kawasan kampung tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dan berkelas di Samosir.

Seperti namanya, Kampung Ulos Hutaraja, daerah ini memang terkenal dengan tenun Ulos, yaitu kain khas Batak dan Rumah Adat Batak atau Rumah Gorga.

 Kampung Ulos

Melansir dari akun Instagram @jojo_ismyname, Minggu(4/8/2019), terlihat beberapa foto Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana yang sedang melakukan berbagai kegiatan di Kampung Ulos.

Kedatangan Jokowi dan Iriana pada 30 Juli lalu, disambut dengan tarian selamat datang. Bahkan keduanya juga sempat ikut menari tarian tradisional yang dibawakan oleh anak-anak tersebut.

 Kampung Ulos

Di foto lain terlihat Jokowi dan Iriana sedang bercengkrama, dan berbincang dengan warga di depan salah satu rumah adat di Kampung tersebut.

Presiden mengaku terkesan dengan kehidupan di Kampung Ulos Hutaraja. Untuk itu, ia meminta Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, untuk menata kampung tersebut agar menjadi destinasi wisata budaya yang menarik.

Kampung Ulos

Proses perbaikan dan pemindahan bangunan di Kampung Ulos Hutaraja sendiri, menurut Jokowi, akan dipandu dan diarsiteki oleh Kementerian PUPR.

Basuki juga sempat berbincang dengan warga untuk mengetahui harapan mereka terkait rencana penataan kampungnya menjadi salah satu destinasi wisata di Samosir.
Kain ulos

Menurutnya, selain sebagai pusat tenun, dengan adanya Rumah Gorga yang sudah cukup tua menjadikannya kawasan wisata atau pusaka.

Beberapa rumah juga akan direhabilitasi agar harapannya, pelatihan tenun dan keahliannya akan terus berlanjut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini