nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jarang Ejakulasi Bisa Sebabkan Kanker Prostat? Ini Kata Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 05 481 2087959 jarang-ejakulasi-bisa-sebabkan-kanker-prostat-ini-kata-dokter-6Xvog38Ypc.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Sebagai penyakit kanker kedua yang paling sering dialami pria di dunia, kanker prostat menjadi hal yang cukup menakutkan. Ya, penyakit ini hanya dialami oleh pria dan diperkirakan sebanyak 1,2 juta kasus baru muncul di seluruh dunia dan sebanyak 359.000 kematian disebabkan oleh kanker prostat berdasarkan Global Cancer Statistic 2018.

Sebenarnya penyakit ini masih bisa disembuhkan dengan sempurna apabila seseorang melakukan deteksi prostat sejak dini. Namun, pengetahuan masyarakat yang kurang akan hal ini serta karakteristik awal kanker prostat yang cenderung tak memiliki gejala membuat masyarakat kerap mengabaikannya.

 Pasien

Beberapa masyarakat juga kerap menghubungkan kebiasaan ejakulasi dengan potensi mengalami kanker prostat, namun apakah hal ini hanyalah mitos atau fakta. Staf Medik Departemen Urologi RSCM-FKUI, dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp. U(K), Ph.D. pun membantu menjawab hal tersebut.

"Dengar-dengar katanya begitu ya. Tapi belum tentu juga rajin ejakulasi bisa mencegah kanker prostat. Kalau dokter pasti akan mengecek melalui masalah yang pernah dihadapi dan penelitian," terang dr. Agus Rizal dalam acara Pusat Layanan Prostat Terpadu RSCM, Senin (5/8/2019).

Dokter Agus juga mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan kanker prostat terjadi akibat seseorang yang jarang melakukan ejakulasi. Pasalnya masih sangat sedikit informasi mengenai hal tersebut dan sekalipun ada namun statusnya masih kontroversial.

“Ejakulasi dengan kanker prostat saat ini masih berupa teori dan dibutuhkan penelitian untuk membuktikannya. Tidak ada juga kan orang yang mau disuruh ejakulasi dan di blow-up serta dikomparasi dengan yang tidak ejakulasi untuk mendapatkan kesimpulan mengenai risiko kanker prostat,” lanjutnya.

Lebih lanjut dr. Agus mengatakan hingga saat ini belum diketahui apa penyebab utama seseorang mengalamin kanker prostat. Namun, diduga penyebab utama kanker disebabkan oleh penumpukkan zat karsinogenik. Zat inilah yang mampu mengubah sel normal menjadi sel kanker pada manusia.

"Penumpukan zat yang tidak bisa dikeluarkan itulah yang menjadi sel kanker. Namun, jangan kaget bila suatu saat nanti terbukti jika jarang ejakulasi bisa mengakibatkan kanker prostat karena prediksinya sudah ada saat ini," tutupnya. (tam)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini