nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Cukur Bulu Ketiak Tanpa Air? Waspada Kulit Jadi Hitam

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 01:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 05 611 2088076 sering-cukur-bulu-ketiak-tanpa-air-waspada-kulit-jadi-hitam-Ui9Jus2Si5.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Guna menunjang penampilan, sebagian besar orang terutama kaum Hawa memilih untuk mencukur bulu ketiaknya. Ada beberapa pilihan untuk mencukur bulu ketiak. Mulai dari menggunakan gunting, waxing, hingga mengandalkan pisau cukur. Masing-masing memiliki risiko berbeda.

Ambil contoh mencukur bulu ketiak dengan pisau cukur bisa membuat kulit menjadi lebih gelap. Tapi, hal itu terjadi pada kondisi tertentu. Melansir The Sun, Selasa (6/8/2019), seorang dokter kulit bernama Dr Sheel Desai Solomon mengatakan, mencukur bulu ketiak dalam keadaan kulit kering tanpa cairan sedikit pun dapat membuat kulit di daerah ketiak berubah warna seiring berjalannya waktu. Tak hanya itu, mencukur tanpa cairan alias dapat membuat bulu ketiak menjadi lebih tebal dan malah lebih sulit ditangani.

 Ketiak

Bagi Anda yang mengalami kulit ketiak menjadi lebih gelap karena mencukur tanpa cairan, jangan berkecil hati dulu. Dokter Solomon mengungkapkan ada cara mudah yang bisa dilakukan. Dirinya menyarankan untuk membuat eksfoliator kimia sendiri di rumah untuk membantu mencerahkan kulit. Pembuatannya pun terbilang mudah dan sederhana.

"Ambillah satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok makan lidah buaya. Kemudian campur dari satu dan kemudian oleskan kepada kulit ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air,” tutur Dr Solomon.

Dia menambahkan jika perasan lemon bertindak sebagai bahan pencerah untuk kulit ketiak yang menghitam. Penggunaan rutin dengan mengombinasikannya bersama lidah buaya dapat memperbesar kemungkinan kulit menjadi cerah. Sebab bahan tersebut bersifat menenangkan.

"Lidah buaya kaya akan sifat pelembap dan anti-inflamasi dan mengandung unsur penghilang aloin,” tutur Dr Solomon.

Di samping memberitahu cara mencerahkan kulit ketiak yang gelap, Dr Solomon juga mengungkapkan 3 cara mencegah itu terjadi. Pertama, merawat kulit ketiak dengan cara yang sama untuk merawat wajah. Lalu hindari penggunaan produk pada ketiak yang bisa mengiritasi kulit.

Sebaiknya gunakan deodoran tanpa alkohol, aluminium, atau pewangi. Ketiga, pilihlah metode perawatan lain untuk mencukur kulit ketiak. Laser hair removal bisa menjadi pilihan agar kulit ketiak tidak menghitam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini