Mati Lampu, Tak Perlu Khawatir Bikin Saja Lilin Darurat Ini

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 05 612 2088040 mati-lampu-tak-perlu-khawatir-bikin-saja-lilin-darurat-ini-P5WTXTOR92.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOTA Jakarta dan beberapa daerah di sekitar Pulau Jawa dan Bali mengalami kejadian mati listrik selama berjam-jam. Keadaan yang gelap gulita ini mengharuskan kita untuk menyalakan lilin atau lampu darurat untuk tetap menerangi penglihatan.

Durasi mati listrik yang relatif lama membuat kita harus menyediakan stok lilin yang banyak, dan kapasitas lampu cadangan yang cukup besar. Belum tentu, kita sempat mencari stok lilin untuk menerangi ruangan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, salah satu warganet membagikan tips untuk membuat lilin sederhana yang bisa Anda ikuti di rumah. Hanya dengan bahan-bahan yang kalian miliki di rumah, Anda tidak harus lagi takut kegelapan!

Penasaran? Berikut Okezone rangkum dari salah satu akun twitter @ramafauzie. Untuk membuat lilin ini, Anda hanya harus menyiapkan empat bahan yaitu piring beling, kapas, minyak goreng, dan korek gas.

Setelah keempat bahan tersebut telah siap, kapas yang tadi digulung lalu diletakan di atas piring. Kemudian, kapas yang sudah diletakan tadi disiram dengan minyak goreng. Terakhir, bakar ujung kapas dan jadilah lilin darurat.

Selain menggunakan kapas, Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk dijadikan sumbu lilin yang akan Anda buat. Bahan-bahannya tidak terlalu berbeda, kali ini Anda hanya harus menyiapkan batu atau manik-manik untuk mempercantik tampilan lilin.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengisi dasar gelas dengan batu atau manik-manik tadi. Kemudian letakkan dengan tegak 1 cotton bud dibagian tengahnya. Selanjutnya isi air, kira2 3/4 gelas dan minyak goreng di bagian atasnya sampai sedikit mengenai cotton bud. Anda bisa menggunakannya lilin darurat ini selama berhari-hari.

Jika sisa minyak yang disiram ke kapas tadi sudah mau habis dan masih mau dipake, Anda cukup menambahkan minyak gorengnya. Dan api bakal mati sendiri ketika minyaknya habis.

Namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini. Pilihlah piring beling yang tebal agar tidak gampang pecah. Selanjutnya, Lilin darurat tadi sebaiknya dietakan di atas ubin, jangan menaruh di atas meja apalagi meja yang terbuat dari kaca.

Tips yang baru diposting selama satu hari ini pun menjadi viral dan telah diretweet hampir sebanyak delapan ribu pengguna twitter. Banyak warganet yang ikut mencobanya dan berhasil dalam satu kali percobaan.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya saat mati listrik nanti?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini