nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Makanan Klasik Korea yang Jadi Favorit Pencinta Kuliner Dunia

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 06 298 2088370 10-makanan-klasik-korea-yang-jadi-favorit-pencinta-kuliner-dunia-q8MTRAhalU.jpg Yukgaejang kuliner Korea (Foto : Buzzfeed)

Selain sukses “mengimpor” kebudayaannya di berbagai penjuru dunia melalui musik, drama, film, fesyen, dan kecantikan, Korea Selatan juga berhasil mempopulerkan beragam hidangan klasiknya.

Lihat saja sekarang, siapa sih yang tidak familiar dan suka dengan berbagai menu hidangan asli Korea Selatan? Sedikit banyak Anda pasti pernah mendengar namanya, atau bahkan sudah mencicipinya.

Apa saja sederet makanan klasik khas Korea yang difavoritkan banyak orang? Menyitat Buzzfeed, Selasa (6/8/2019) berikut di bawah ini 10 makanan klasik Korea favorit banyak orang :

1. Galbi

Ialah hidangan daging short ribs, alias iga yang dimarinasikan. Potongan-potongan daging yang dimarinasi dengan bumbu yang menggunakan kecap asin dan buah pir, sehingga menghasilkan cita rasa manis, sedikit asin, dan bikin ketagihan.

iga korea

2. Yukgaejang

Sup daging dengan kuah berwarna merah merona. Tapi jangan khawatir, rasanya ternyata tidak sepedas warna merah yang ditampilkan. Yukgaejang ini disebutkan sebagai salah satu jenis comfort food atau hidangan wajib di setiap rumah orang Korea.

yukgaejang pedes

3. Jjangmyeon

Mi yang kenyal berselimut saus kacang hitam. Faktanya, walaupun ini hidangan original dari China, tapi Jjangmyeon jadi hidangan take-out siap antar paling terkenal di Korea dan jadi salah satu makanan paling dicinta orang Korea seperti halnya Kimchi.

kuliner korea

4. Soondube stew

Sup, hidangan berkuah yang dibuat dengan potongan-potongan tahu putih yang super lembut, ditambah potongan daging sapi atau babi, hidangan laut, dan kimchi. Sup tahu satu ini biasanya diperlakukan oleh orang Korea sebagai “camilan tengah malam”. Hidangan sup kuah pedas yang sangat cocok disantap setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

Soondube Stew

5. Bibim Naengmyon

Hidangan berupa mi pedas yang disajikan bersama irisan timun dan buah pir. Menariknya, mi ini disajikan dingin loh!

Bibim Naengmyon

6. Makgeoli

Minuman dengan cita rasa milky dan manis dengan sedikit asam. Mirip-mirip dengan rasa minuman Yakult. Saat diminum, walau taste alkohol tidak begitu terasa, tapi sejatinya minuman ini lebih “keras” dibanding bir loh!

Makgeoli

7. Bulgogi

Makanan wajib bagi pencinta daging. Irisan daging tipis-tipis dengan cita rasa manis yang lebih dominan.

Bulgogi

8. Doenjang jiggae

Sup kacang fermentasi. Soal cita rasa, disebutkan hidangan klasik satu ini punya rasa mirip-mirip seperti miso. Namun dengan tambahan irisan cabai dan zucchini untuk menambah rasa gurih dan pedas.

Doenjang Jiggae

9. Kimchi jjigae

Sup kimchi, atau dengan kata lain cara pengolahan yang tepat untuk menggunakan kimchi yang sudah lama difermentasikan. Tinggal tambah potongan sosis, tahu, dan irisan ham. Voila! Sup kimchi pedas dan gurih siap dinikmati.

Kimchi pedes

10. Bibimbap

Nasi campur ala Korea satu ini terdiri dari nasi, potongan daging sapi, sayur-sayuran, telur mata sapi dan pasta cabai merah (red chili paste) alias gochujang. Hidangan sederhana yang mudah dibuat, mengenyangkan, dan lezat.

Bibimpap enak

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini