nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral, Pria Ini Temukan Misteri Angka yang Tak Dapat Dipecahkan Kalkulator

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 09:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 06 612 2088246 viral-pria-ini-temukan-misteri-angka-yang-tak-dapat-dipecahkan-kalkulator-mwCNRA6ToA.jpg Viral pria ini pecahkan teka-teki di kalkulator (Foto: EGIM)

KEBUTUHAN akan kalkulator membuat sejumlah produsen handphone membenamkan fitur alat penghitung di dalamnya. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa ada hal ganjil pada kemampuan kalkulator yang ada dalam handphone Anda? Seperti hal satu ini yang tengah viral di media sosial.

Belum lama ini akun LinkedIn @Togi Sihombing memberikan postingan dimana kalkulator pada handphone terlihat kesulitan dalam menghitung beberapa angka tertentu. Bahkan handphone mahal sekalipun tidak bisa melakukan hal tersebut dengan baik. Unggahan ini pun viral.

Dalam postingan itu, ia mengunggah sebuah soal matematika dasar yakni 5+5×3. Ia pun meminta para netizen yang melihat postingan ini, turut menghitungnya menggunakan kalkulator handphone.

 Kalkulator

“Kalo nggak percaya coba aja ....dgn Calculator Manual Ada yang bisa bantu kenapa ya kalau pakai hitungan menggunakan Applikasi Calculator di *Hand phone* 5+5×3 = 20 padahal musti Logikanya 30,” tulis Togi.

Ia pun menantang para netizen untuk mencoba berhitung menggunakan handphone masing-masing. Alhasil sejumlah netizen yang telah melakukannya pun turut berkomentar untuk memecahkan masalah yang tengah viral ini.

Sebagaimana diketahui dalam hukum matematika. Perkalian atau pembagian selalu dikerjakan terlebih dahulu. Dalam kasus tersebut, kalkulator yang sudah diprogram sedemikian rupa, juga melakukan hal yang sama secara otomatis.

Apabila pada perhitungan manusia normal 5+5×3 = 30. Angka tersebut didapat dari perhitungan 5+5 = 10, 10x3 = 30. Perhitungan tersebut dilakukan sesuai urutan angka dari yang paling kiri menuju paling kanan tanpa menggunakan hukum matematika.

Namun jika menggunakan kalkulator, maka akan secara otomatis, mesin akan mengambil logika matematika dengan mengerjakan soal perkalian terlebih dahulu. Maka hasil dari perhitungan tersebut adalah 5+(5×3) = 20.

Sejumlah netizen pun mencoba menjelaskan hal yang sama demi mematahkan teori yang selama ini tidak disadari oleh kebanyakan orang.

“Karena bilangan matematikanya kalao dijabarkan adalah 5+(5x3) = 20 Tapi kalao diubah (5+5)x3 = ini baru hasilnya 30 Kadang hidup sebercanda itu bang Togi,” tulis akun @Prasetyo Budi Raharj Priyambodo.

Sementara akun @Andi Setiawan menulis: “Biar tambah seru, 8 : 2 (2+2) = 1 atau 16.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini