nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Enzo, Remaja Blasteran Prancis-Indonesia yang Lolos Seleksi Akmil 2019

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 06 612 2088614 kisah-enzo-remaja-blasteran-prancis-indonesia-yang-lolos-seleksi-akmil-2019-CFc10XATmV.jpg Enzo Zenz Allie (Foto: puspentni/Instagram)

Sewaktu kecil, banyak anak-anak yang memiliki cita-cita untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Bagi yang serius ingin menggapai impian tersebut, biasanya akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi masuk akademi militer (Akmil). Sebab untuk lolos dari seleksi tersebut tidaklah mudah.

 Remaja lolos Akmil

Perjuangan yang sama turut dirasakan oleh Enzo Zenz Allie. Dirinya merupakan salah satu calon taruna yang dinyatakan lolos mengikuti seleksi Akmil. Mulai hari ini hingga 30 Oktober 2019 mendatang, ia akan menjalani pendidikan Candradimuka bersama rekan satu angkatannya.

 Remaja lolos Akmil

Namun ada satu fakta menarik mengenai Enzo. Berbeda dengan taruna lainnya yang asli Indonesia, remaja berusia 18 tahun itu memiliki darah keturunan Prancis. Sontak saja sosoknya yang blasteran mencuri perhatian banyak orang.

Mengutip video yang diunggah ke akun Instagram @puspentni, Selasa (6/8/2019), Enzo adalah anak dari almarhum Jeans Paul Francois Allie dan Siti Hajah Tilaria yang berasal dari Sumatera Utara.

 Remaja lolos Akmil

Dirinya lahir di Prancis dan menghabiskan masa kecil di negara asal ayahnya tersebut. Dua tahun setelah ayahnya meninggal, tepatnya pada 2014, ia dan sang ibu kembali ke Indonesia.

Sejak kecil, Enzo memiliki keinginan menjadi seorang taruna. Dirinya mengetahui informasi seputar prajurit TNI dari ibunya. Sehabis melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Indonesia, dan bahkan sempat masuk pesantren di Serang, ia memantapkan tekad untuk mengikuti seleksi Akmil 2019.

Berbicara soal ketahanan fisik, kemampuan Enzo sudah tidak diragukan. Dia pernah meraih Juara II Lomba Renang Jarak 50 M Popda dan Juara l Lari Jarak 400 m dan 800 m di Kejurkab.

 Panglima TNI

Saat tes Samapta, dirinya juga mampu lari sejauh 3 ribu meter dalam waktu 12 menit, renang jarak 50 meter dalam waktu 1 menit, push up dan sit up 50 kali serta pull up 19 kali dalam waktu 60 detik.

 

Oleh karenanya, tak heran bila pada Sidang Pantukhir Pusat yang digelar di Magelang, Jumat, 2 Agustus 2019 lalu, Enzo dinyatakan lulus menjadi Taruna Akmil. Dalam sidang yang dipimpin oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto itu, dirinya juga dengan tegas menyatakan ingin menjadi prajurit Infanteri dan Kopassus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini