nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maskapai Penerbangan Ini Dikecam Usai Foto Penumpang Duduk di Kursi Tanpa Sandaran Viral

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 13:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 07 406 2088848 maskapai-penerbangan-ini-dikecam-usai-foto-penumpang-duduk-di-kursi-tanpa-sandaran-viral-1mROl6xyoC.jpg Maskapai penerbangan ini dikecam karena kursi penumpang tanpa sandaran (Foto : @mattiasharris/Twitter)

Tangisan bayi, makanan yang kurang enak, dan antrian panjang di toilet maskapai bisa membuat penerbangan terasa tidak nyaman. Tapi bayangkan apa jadinya jika harus melewati penerbangan dengan kondisi duduk di kursi tanpa sandaran. Tentunya hal itu bisa terasa sangat mengerikan.

Hal inilah yang hampir terjadi pada seorang penumpang maskapai EasyJet dengan rute penerbangan dari Luton, Inggris menuju Jenewa, Swiss. Kemarin, sebuah foto yang diunggah oleh akun Twitter @mattiasharris menjadi viral. Foto itu memperlihatkan perempuan tengah duduk di kursi tanpa sandaran sebelum lepas landas.

kursi pesawat

Harris mendapatkan foto tersebut dari kekasihnya yang kebetulan tengah berada dalam penerbangan yang sama. Dirinya pun mengunggah foto tersebut ke media sosial dengan menyebutkan nama maskapai dan membandingkannya dengan maskapai lain.

"#easyjet mengalahkan @Ryanair karena memiliki kursi tanpa sandaran. Bagaimana bisa hal ini diizinkan," tulis Harris.

Foto tersebut langsung menjadi viral setelah di-retweet lebih dari 6 ribu pengguna. Tak sedikit pula yang menyerang dan melontarkan kritik pesdas terhadap maskapai penerbangan murah asal Inggris itu.

"Wow. Apakah Easyjet membiarkan penerbangan lepas landas seperti ini atau apakah kerusakan terjadi dalam penerbangan?" tanya seseorang. "Banyak orang yang akan dipecat hari ini. Wanita itu harus mendapatkan banyak tiket pesawat gratis (lebih disukai untuk pesawat terbang yang utuh)," kata pengguna yang lain.

Akun Twitter resmi EasyJet pun turut membalas tweet Harris dan memintanya untuk menghapus foto tersebut. "Hai Matthew, terima kasih telah menyampaikan hal ini kepada kami, sebelum kami dapat menyelidiki hal ini, bisakah saya meminta Anda untuk menghapus foto & kemudian memberi tahu kami info lebih lanjut mengenai hal ini, sehingga kami dapat membantu Anda," tulis admin tersebut.

Balasan itu semakin membuat para pengguna yang melihat foto merasa emosi. Harris menjawab, "Sama sekali tidak. Ini adalah foto asli sebuah pesawat yang saat ini menuju Jenewa." Sementara pengguna lain berkomentar, "Apakah Anda menyiratkan bahwa jika foto itu tidak dihapus, Anda tidak akan menyelidiki ini ?"

Kursi pesawat tanpa sandaran

Sementara itu, juru bicara maskapai mengatakan tidak ada penumpang yang diperbolehkan duduk di kursi rusak tersebut. "Tidak ada penumpang yang diizinkan untuk duduk di kursi tersebut karena sedang tidak berfungsi dan menunggu perbaikan. Keselamatan adalah prioritas utama kami dan easyJet mengoperasikan armadanya dengan mematuhi semua pedoman keselamatan," ujar pihak maskapai dalam sebuah pernyataan seperti yang Okezone kutip dari CNN, Rabu (7/8/2019).

Tak lama setelah pernyataan itu keluar, Harris juga memberikan klarifikasi melalui Twitter-nya. Dia mengatakan penumpang tersebut dipindahkan ke kursi lain yang ada sandarannya. "Banyak orang bertanya-tanya seberapa aman penerbangan dengan kursi wanita tersebut. Tapi wanita itu telah dipindahkan ke kursi cadangan saat penerbangan siap dilakukan. Bayangkan apa yang terjadi jika pesawat itu penuh dan tidak ada kursi cadangan. Foto ini saya dapatkan dari kekasih saya," tulis Harris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini