nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Berbagi 3 Produk Kecantikan Ini dengan Orang Lain

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 07 481 2089114 jangan-berbagi-3-produk-kecantikan-ini-dengan-orang-lain-a7dAvRkERY.jpg Ilustrasi (Foto: Thoughtco)

Banyak perempuan yang senang merias wajah dan mencoba tampilan baru dengan temannya yang juga gemar berdandan. Pada saat itu, tak menutup kemungkinan mereka akan saling bertukar alat makeup atau produk kecantikan lainnya. Bila Anda senang melakukannya juga, Anda sebaiknya lebih berhati-hati. Sebab ada beberapa produk yang tidak disarankan untuk digunakan bersama.

"Infeksi bakteri, jamur, dan virus dapat ditularkan melalui handuk, pisau cukur, dan segala jenis produk kecantikan dan rumah tangga. Bahkan infeksi itu bisa didapatkan dari keluarga, teman, atau orangtua. Jadi sebaiknya berhati-hati," ujar konsultan dermatologis dari British Skin Foundation, Dr Adil Sheraz seperti yang Okezone kutip dari Independent, Rabu (7/8/2019).

Produk seperti pisau cukur, lipstik, sponge makeup, maskara, dan eyeliner telah lama diketahui sebaiknya tidak dipakai bersama dengan orang lain. Tapi ternyata masih ada produk lain yang mungkin tidak disangka bisa berdampak buruk bila dipakai bersama. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:

 Alat kecantikan

Catokan

Beberapa orang mungkin berpikir catokan aman bila digunakan bersama. Sebab suhu panas dapat mematikan bakteri maupun kuman. Akan tetapi, catokan dapat berpotensi menyebarkan kutu rambut apabila digunakan lebih dari satu orang. Entah itu catokan untuk meluruskan atau mengeriting rambut.

Ternyata, kutu rambut tidak serta merta meskipun suhu catokan di atas 100 derajat. Untuk mencegah rambut Anda memiliki kutu lantaran berbagi catokan, pastikan sebelum digunakan tidak ada rambut yang tersisa. Kalau perlu, bersihkan catokan terlebih dahulu dalam keadaan panas menggunakan handuk.

Cat kuku

Tak sedikit perempuan yang senang berbagi cat kuku dengan temannya. Namun tindakan tersebut dapat berakibat fatal. Berbagi cat kuku dapat menyebabkan terjadinya persebaran jamur kuku. Meskipun kemungkinannya kecil, tidak ada salahnya untuk waspada. Cek terlebih dahulu apakah kuku teman memiliki jamur atau bersihkan tangan sebelum berbagi cat kuku.

 produk kecantikan

Krim wajah

Terakhir ada krim wajah yang sebaiknya tidak digunakan bersama. Selain untuk mencegah iritasi, tidak memakai krim wajah secara bersama dapat menghindari penyebaran kuman. Sebab tidak menutup kemungkinan pada saat teman mencolek krim wajah tangannya dalam kondisi kotor sehingga menjadi tidak higienis. Namun apabila kemasan krim wajah berbentuk pump, maka tidak masalah untuk saling berbagi karena tidak ada kontak langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini