nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muka Bopeng Akibat Jerawat, Dokter: Jangan Asal Percaya pada Krim Wajah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 611 2088897 muka-bopeng-akibat-jerawat-dokter-jangan-asal-percaya-pada-krim-wajah-uZ7etIgmEh.jpeg Ilustrasi perawatan menghilangkan bekas jerawat (Foto: Sukardi/Okezone)

Selain jerawat, masalah kulit wajah yang banyak dikeluhkan adalah kusam, terlalu berminyak atau kering, atau juga berlubang. Kondisi wajah berlubang ini yang paling ditakuti, karena kalau sudah muncul di wajah, akan sulit diatasi.

Wajah berlubang atau dalam dunia kecantikan medis disebut Acne Scars itu merupakan sebuah masalah kulit dalam suatu proses akhir penyembuhan jerawat aktif yang meradang.

Acne scars biasanya berupa lubang di wajah atau bopeng pada kulit wajah. Bekas jerawat sendiri dapat cekung, menimbul, atau sama rata dengan tekstur kulit normal.

 Wajah

Lantas kenapa akhirnya ada orang yang bisa mengalami bopeng di wajah? Pada Okezone, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Sammy Yahya, Sp.KK, menjelaskan kalau itu tergantung dari jumlah kolagen dalam wajah.

Ketika dalam proses penyembuhan luka pasca jerawat kolagen di wajah tidak maksimal, kemungkinan besar bopeng di wajah bisa terjadi.

"Semakin banyak kolagen dalam tubuh, khususnya pada wajah, maka proses pemulihan jerawat atau bekasnya bisa semakin cepat dan maksimal. Itu kenapa, kalau orang jerawatan tapi kolagennya banyak, dia tetap bisa mulus lagi pasca penyembuhan," terang dr Sammy melalui pesan singkat, Rabu (7/8/2019).

Dokter Sammy yang berpraktek di SKINDA itu melanjutkan, tidak sedikit orang beranggapan kalau yang namanya muka bopeng itu akan sulit disembuhkan. Persepsi ini, sambung dia, sering sekali didengar. Makanya, mereka yang mukanya sudah bopeng kadang pasrah.

Padahal, pemilik wajah bopeng masih bisa mengembalikan kenormalan wajahnya. Namun, waktu yang dibutuhkan memang tak sebentar. Selain itu, tidak bisa Anda hanya mengandalkan krim wajah, perlu tambahan perawatan.

"Bopeng di wajah itu bisa diperbaiki jika usia lubangnya masih belum lama dan kondisinya tak begitu parah. Kalau memang sudah lama, ya, tentu proses penyembuhannya butuh beberapa waktu," paparnya.

 Dokter kecantikan

Dia menuturkan, semakin dini pengobatan diberikan, semakin cepat proses perbaikan struktur wajah. Bahkan, manfaat lain yang bisa dirasakan ialah dapat mencegah timbulnya jaringan parut atau bekas jerawat yang sangat bandel.

Selanjutnya, bagi pemilik bopeng di wajah, sambung dr Sammy, sebaiknya jangan percaya dengan pernyataan bopeng bisa diatasi dalam sekali penggunaan alat atau obat. Itu salah besar! Sebab, pengobatan bekas jerawat memerlukan waktu yang cukup lama seiring dengan fase penyembuhan luka yang diharapkan untuk memperbaiki bekas jerawat.

Dengan begitu, belas jerawat memerlukan terapi secara intensif dan berkesinambungan demi mendapat hasil yang optimal dan permanen.

"Hal yang mau saya sampaikan juga ialah jangan pernah percaya dengan janji krim bisa hilangkan bolong di wajah. Sebab, kenyataannya tidak bisa," tegasnya.

Dokter Sammy menyatakan, pengobatan jerawat, khususnya wajah berlubang, ada baiknya menggunakan beberapa modalitas terapi, misalnya dengan chemical peeling, mikrodemabrasi, microneedling, mau pun laser. Penggunaan krim wajah tetap perlu dijalani untuk memaksimalkan hasil dan menjaga kesehatan wajah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini