nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Tradisi Potong Gigi yang Dijalani Nora Alexandra Sebelum Nikahi Jerinx SID

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 10:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 612 2088755 mengenal-tradisi-potong-gigi-yang-dijalani-nora-alexandra-sebelum-nikahi-jerinx-sid-6o1Bk3mxXG.jpg Nora Alexandra dan Jerinx SID. (Foto: Instagram)

TAK lama lagi kisah percintaan antara Nora Alexandra Philip dengan Jerinx SID akan berujung di pelaminan. Keduanya sudah tampil mesra dalam sesi foto prawedding yang digelar di Pantai Melasti yang terkenal karena keindahan alamnya.

Keduanya tampil dengan sangat serasi dengan balutan pakaian serba putih. Suasana pun semakin bertambah romantis dengan nuansa tepi pantai yang sangat indah selama pemotretan. Nah, tak hanya sesi pemotretan yang menarik perhatian para netizen.

Dalam sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram pribadi Nora, @ncdpapl wanita cantik yang satu ini mengunggah fotonya tengah menjalani sebuah tradisi keagamaan khas Bali. Tradisi tersebut adalah upacara potong gigi.

“Potong gigi adalah upacara keagamaan Hindu-Bali bila seorang Anak sudah beranjak dewasa, dan diartikan juga pembayaran hutang oleh Orang Tua ke Anaknya karena sudah bisa menghilangkan keenam sifat buruk dari diri manusia. Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya,” tulis Nora dalam postingannya tersebut.

Dalam postingan yang terdiri dari banyak foto tersebut, terlihat Nora mengenakan busana ada Bali dan melakukan ritual doa sebelum menjalani tradisi potong gigi. Bahkan ketika gigi nora sedang dipotong oleh seorang pemangku adat, Jerinx pun tetap setia mendampingi sang kekasih.

Gigi yang telah dipotong tersebut lantas diletakkan di atas sebuah kain berwarna cokelat kekuningan yang didoakan bersama dengan sepiring sesaji. Sejak diunggah beberapa jam lalu, postingan ini telah ditonton sebanyak 12.205 kali dan mendapatkan sejumlah komentar dari para netizen.

“Beb itu giginya beneran di potong apa di asah doang? Aku ngiluuu,” tulis akun @kikisyarah_dangdut.

“Kalo di Jawa namanya pangur dulu anak gadis kalo mau menikah dipangur dulu tapi sekarang udah jarang atau udah gaada lagi,” terang akun @stefanikade.

“Mesangih aja gini megahnya gimana nikahnya nanti ya?🥰 ga sabar liat ka nora payas agung untuk nikah nanti,” cetus @ayuswandaniii.

“Dipotong beneran ya mbak nora giginya.. Atau cuma simbolis???,” terang akun @uncle_toppp.

Sementara akun @ladyrain06 menulis: “Kikir/kikis gigi gt ya ? Maaf ga tau gmn potong gigi dr adat Bali. Mgkn bs di edukasi bagaimana maksud dr potong gigi? Pengen tau buat pengetahuan aja ttg adat Bali, terima kasih sebelumnya.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini