nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berjiwa Melankolis, Ini 7 Cara Biar Gak Emosional

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 612 2089011 berjiwa-melankolis-ini-7-cara-biar-gak-emosional-EZ3dUCvttV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA orang memang memiliki perasaan yang sangat sensitif, dan mudah tersinggung. Padahal, belum tentu orang lain membicarakan tentang dirinya.

Selain itu, mereka juga memikirkan sesuatu secara berlebihan. Hal itu dapat membuat mereka kewalahan secara mental dan emosional terhadap rangsangan sosial, lingkungan, dan internal.

Bila Anda termasuk orang yang sangat sensitif, ada beberapa cara yang bisa membantu jika sedang kesulitan menguasai emosi. Orang-orang ini biasanya memiliki tipe melankolis, yang memiliki pikiran yang mendalam dan rumit, seorang analitik atau suka menganalisis berbagai hal, serius dan tekun. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari Your Tango.

1. Memaafkan

Jika Anda merasa kewalahan atau mengalami serangan panik, coba tenangkan diri terlebih dahulu. Kemudian memaafkan diri sendiri dengan apa yang terjadi. Istirahatlah sejenak di tempat yang terasa nyaman. Entah itu kamar kecil, kafetaria, atau tempat parkir. Anda bisa juga melakukan hal-hal yang disenangi.

Entah itu kamar kecil, kafetaria, atau tempat parkir. Anda bisa juga melakukan hal-hal yang disenangi.

2. Bernapas secara perlahan

Teknik pengurangan stres dan emosi yang paling ampuh adalah bernapas. Cobalah untuk menenangkan diri, jernihkan pikiran sejenak, dan berkonsentrasi pada pernapasan. Ambil napas panjang dan keluarkan secara perlahan. Cara ini dapat memperlambat detak jantung dan membuat pikiran tenang.

3. Berhitung

Mengalihkan pikiran dapat membantu mengatasi perasaan yang tengah tidak karuan. Cobalah hitung angka dari 1-100. Atau bisa juga hitung 10 hal yang baru saja dilihat, 5 hal yang dapat disentuh, atau hitung 3 hal yang dapat didengar. Cara ini membantu otak untuk mengalihkan fokus dari cemas dan berfungsi dengan baik lagi.

4. Tepuk bagian tubuh tertentu

Saat perasaan menjadi tidak menentu, tepuklah bagian tubuh tertentu untuk menenangkan. Entah itu lutut, paha, lengan, wajah, atau bagian lain. Tepukan lembut dapat membantu menghilangkan gelisah, mengalihkan perhatian dari semua kecemasan, dan memfokuskan diri ke tindakan yang lebih logis.

5. Berhati-hati

Perhatian penuh dapat membuat seseorang mengerjakan sesuatu secara hati-hati saat perasaannya tidak menentu. Cara ini merupakan proses psikologis yang sangat efektif untuk menenangkan pikiran, membantu mengurangi stres, dan menghilangkan pikiran negatif. Selain itu, cara ini dapat memberi kontrol yang lebih baik atas pikiran dan emosi.

6. Berbaik hati pada diri sendiri

Saat sedang dilanda perasaan emosional, cobalah berbaik hati pada diri sendiri. Caranya dengan berbicara motivasi yang ditujukan pada diri sendiri. Bersikaplah empatik dan perlakukan diri sendiri dengan baik. Anda bisa mengatakan semuanya baik-baik saja dan akan membaik.

Bersikaplah empatik dan perlakukan diri sendiri dengan baik.

7. Berbicara dengan teman

Apabila cara-cara sebelumnya tidak banyak membantu, tidak ada salahnya untuk berbicara kepada teman. Sebab seringkali perasaan yang sangat sensitif muncul ketika merasa terisolasi dan kesepian.

Berbagi perasaan dan pikiran dengan teman, anggota keluarga, atau pasangan dapat membuat Anda merasa diterima. Jangan sungkan untuk memberitahukan perasaan sebenarnya kepada mereka agar bisa dibantu dicarikan jalan keluar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini