nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhatan Desainer Milenial kala Ikut Jakarta Fashion and Food Festival

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 13:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 194 2089315 curhatan-desainer-milenial-kala-ikut-jakarta-fashion-and-food-festival-kZWUHkJ4Pm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI seorang desainer, akan sangat memaksimalkan pekan mode yang sedang berlangsung. Bahkan, jika bisa ikut terlibat, itu akan sangat berkesan bagi si desainer. Tapi, apakah fashion show hanya sebatas ajang show off semata?

Fashion show menjadi salah satu medium para desainer memperlihatkan hasil buah pikirnya. Fashion show pun memberikan ruang bagi pelaku bisnis fashion, untuk memberi tahu masyarakat kalau dirinya memiliki produk yang bernilai dan patut untuk diperhitungkan.

Namun, tak sedikit yang beranggapan kalau fashion show hanya tempat pamer para desainer atas koleksi barunya. Benarkah demikian?

Okezone pun bertanya pada dua desainer tanah air, Dana Maulana dari brand Danjyo Hiyoji, dan Amot Syamsuri Muda dari brand AmotSyamsuriMuda.

Lantas, bagaimana pandangan mereka menilai pekan mode dan fashion show berkaitan dengan bisnis kreatif ini?

Lantas, bagaimana pandangan mereka menilai pekan mode dan fashion show berkaitan dengan bisnis kreatif ini?

Menurut Dana Maulana, kehadiran pekan mode dan tampil di fashion show itu sesuatu yang jarang didapatkan desainer. Dengan begitu, tentu ketika kesempatan itu ada, dia tak akan menyia-nyiakannya.

Dengan tampil di fashion show, bukan hanya ajang memperkenalkan publik produk baru Danjyo Hijoyi, tetapi juga menambah relasi di memperluas pasar.

"Percaya nggak percaya, Danjyo Hiyoji kalau abis show di pekan mode misalnya, itu besoknya pasti ada klien baru. Dia nanti biasanya akan bilang, 'Ini Danjyo Hijoyi yang kemarin tampil di X kan? Pasti kayak gitu," katanya pada Okezone di Opening Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2019 di Mall Kelapa Gading Jakarta.

Baginya, tampil fashion show juga memberi kesempatan untuknya menjalin relasi dengan desainer lain.

Menurut Dana, tampil di fashion show itu benar-benar peluang untuk bisa menggaet pasar baru, bahkan bisa melebarkan jangkauan pasar. Baginya, tampil fashion show juga memberi kesempatan untuknya menjalin relasi dengan desainer lain.

"Seperti tampil di JFFF ini, menurut saya, segmentasinya sangat pas dengan Danjyo Hiyoji yang mengarah pada generasi muda. Bahkan, sekarang kan kita menyasar pasar generasi Z dan JFFF ini bisa mengakomodirnya. Intinya, tampil di ajang fashion show itu menguntungkan," tambahnya.

Curhat para desainer milenial di JFFF 2019.

Di sisi lain, Desainer muda Amot Syamsuri Muda menjelaskan kalau bisa terlibat dalam sebuah acara pekan mode itu sangat menguntungkan. Bukan hanya menyoal menggaet pasar, tapi baginya bisa tampil di fashion show juga memperkuat branding.

Jadi, saat Amot berpartisipasi di acara fashion show, itu bukan hanya berniat memperlihatkan hasil karya, tetapi memang menjaring pasar untuk melirik dan tertarik dengan koleksi ciptaannya.

"Tampil di fashion show menguntungkan buat saya, karena dengan begitu kita sebagai desainer juga terpicu untuk menciptakan koleksi yang jauh lebih baik dari show sebelumnya. Jadi, bisa dibilang terlibat dalam fashion show membuat kita terus belajar juga," ungkapnya.

Amot sadar betul, penikmat fashion yang datang ke pagelaran busana tidak semuanya adalah pasarnya.

Amot sadar betul, penikmat fashion yang datang ke pagelaran busana tidak semuanya adalah pasarnya. Beberapa dari mereka ada yang datang untuk hanya melihat show, tidak sedikit juga hanya foto-foto buat konten Instagram.

"Tapi, bagi aku tetap sebagai desainer aku selalu berupaya untuk memaksimalkan kesempatan yang ada dengan mencipta koleksi terbaik dan membuat pencinta mode juga punya pilihan untuk dibeli. Intinya, ikut fashion show menguntungkan," ungkapnya.

Well, tidak bisa dipungkiri, keterlibatan seorang desainer dalam pekan mode berimbas langsung ke bisnis kreatif mereka. Tapi, bukan hanya itu yang didapatkan, keuntungan lain yang didapat ialah menjadi peluang besar untuk si desainer berkembang. Good!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini