nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Ini Alasan Kenapa Ada Selipan Rumput Plastik di Sushi Bungkusan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 08 298 2089235 terungkap-ini-alasan-kenapa-ada-selipan-rumput-plastik-di-sushi-bungkusan-Wf4cEJOaWN.jpg Apa fungsi kertas rumput pada sushi ? (Foto: Nextshark)

SUSHI tidak dipungkiri telah menjadi salah satu hidangan khas Jepang yang sudah begitu familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Saking sudah familiar dengan lidah orang Indonesia, sushi bahkan dengan mudah didapatkan dalam bentuk kemasan siap angkut atau dengan kata lain kemasan take-out.

Saat membeli sushi bungkusan, pernahkah Anda menyadari bahwa selalu ada rumput plastik warna hijau terselip di antara sela-sela sushi?.

Well, ternyata selipan rumput hijau plastik ini fungsinya bukan sekadar dekorasi yang tujuannya untuk memperindah tampilan semata loh! Jangan salah, selipan rumput plastik warna hijau ini seperti disebutkan New York Times adalah pengganti tradisi lama berabad-abad dari Jepang. Kegunaannya lebih lanjut disebutkan yakni untuk memisahkan rasa.

 Sushi

Seperti yang dikatakan oleh Chef Masa Sasaki dari restoran Sasaki di San Francisco, tradisi berabad-abad Jepang tersebut dinamakan Haran.

“Itu berasal dari Haran, Ha adalah daun. Ran adalah anggrek atau bunga bakung,” ujar Masa Sasaki.

Orang-orang menggunakan Haran untuk mencegah berpindahnya atau dengan kata lain berpindahnya bau dan rasa makanan dari satu makanan ke makanan lain, misalnya, dari ikan hingga nasi.

Nah, koki Jepang sebetulnya sering menggunakan daun bambu, yang tidak hanya mencegah makanan berbagi rasa, tetapi juga antimikroba yang memperlambat pertumbuhan bakteri.

Seiring dengan perkembangan zaman, disebutkan lebih lanjut dalam beberapa dekade terakhir di Jepang dan Amerika daun telah diganti dengan plastik di Jepang dan Amerika. Meskipun plastik tidak memiliki sifat antibakteri yang sama seperti bambu, tapi secara harga plastik memang jauh lebih terjangkau dan masih dapat berfungsi untuk memisahkan rasa. Demikian seperti diwarta Nextshark, Kamis (8/8/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini