nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memasak Daging agar Lezat dan Tidak Alot, Jadi Hidangan Steak Lezat!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 298 2089352 tips-memasak-daging-agar-lezat-dan-tidak-alot-jadi-hidangan-steak-lezat-ZM2LxZN1CR.jpg Hidangan steak lezat (Foto : Thedailymeal)

Menyantap hidangan daging steak tentu sangat nikmat. Apalagi jika memakannya bersamaan dengan anggota keluarga yang tersayang. Tentunya itu bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus mampu mempererat hubungan dengan keluarga terkasih.

Namun, beberapa orang biasanya agak sedikit takut apabila hendak mengolah daging steak. Salah satu masalahnya adalah ketakutan akan daging steak yang alot atau tidak matang dengan sempurna. Jika sudah seperti ini maka kenikmatan sebuah daging steak akan luntur seketika.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu takut maupun kapok untuk memasak steak. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya daging steak yang Anda buat bisa teraza lezat dan matang sempurna. Menyadur dari Taste of Home, Kamis (8/8/2019) Okezone akan membagikannya untuk Anda.

1. Dagingnya empuk secara fisik

Sebelum mengolah daging sapi menjadi steak yang nikmat, pastikan terlerbih dahulu daging yang Anda pilih sudah empuk sejak belum di masak. Pilihlah serat daging yang pas dan jangan lupa pukul-pukul permukaan daging untuk memecah serat otot.

daging steak enak

2. Gunakan teknik marinade

Setelah daging dipukul-pukul, ada baiknya untuk memarinade daging dengan aneka bumbu dan rempah. Pastikan daging tertutupi bumbu sehingga bisa meresap dengan sempurna hingga ke bagian dalam.

3. Jangan lupa menambahkan garam

Garam merupakan aspek penting dalam masakan. Tanpa adanya garam, makanan akan terasa hambar. Anda bisa mulai merendam daging dengan garam selama 24 jam sebelumnya untuk mengeluarkan rasa gurih pada daging yang mau diolah.

daging enak banget

4. Letakkan daging di suhu ruangan

Meletakkan daging pada suhu ruangan selama 30 menit akan membantu dalam meratakan masakkan. Metode ini sangat cocok diterapkan pada daging yang tidak memiliki banyak lemak atau gajih.

5. Masak dengan perlahan

Untuk mendapatkan tekstur empuk pada daging, gunakanlah teknik memasak secara lambat. Pastikan serat otot pada daging yang keras tersebut terpisah agar steak yang Anda buat menghasilkan citarasa yang sempurna.

6. Gunakan suhu internal yang tepat

Sebagaimana diketahui, daging sapi memiliki berbagai tingkat kematangan. Terlalu lama memasak bisa membuat daging Anda kering tetapi daging yang kurang matang juga bisa sangat kenyal. Jangan takut menggunakan termometer dan tarik daging Anda ketika sudah siap.

7. Mengistirahatkan daging

Meskipun Anda telah memasak daging Anda dengan sangat baik, namun makanan tersebut akan rusak dan kehilangan kelezatannya apabila tidak didiamkan terlebih dahulu, jangan langsung dimakan. Mengistirahatkan daging yang telah dimasak bisa mengembalikan kelezatan kembali meresap.

Daging Enak Banget Deh

8. Irisan daging dengan baik

Semua daging memiliki serat otot panjang yang membentang. Jika Anda membuat potongan sejajar dengan serat otot, Anda akan merasa kesulitan dalam mengunyahnya. Daging lezat Anda akan berubah menjadi alot dan sulit untuk dimakan. Jadi pastikan memotong secara melintang pada serat otot sehingga mudah terlepas dan mudah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini