nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Idol Cantik Korea yang Pernah Jadi Korban Body Shaming

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 00:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 196 2090070 5-idol-cantik-korea-yang-pernah-jadi-korban-body-shaming-JmOnMwtakF.jpg Wendy dan Joy Red Velvet sempat alami body shaming (Foto: Allkpop)

ISU soal body shaming terjadi di berbagai penjuru dunia, tidak hanya di lingkungan masyarakat Indonesia baik di dunia nyata ataupun dunia maya.

Body shaming juga diketahui bukan masalah baru yang ada di kehidupan lingkungan sosial Korea Selatan. Baik itu komentar negatif yang berasal dari netizen anonim yang ‘berlindung aman’ di balik keyboard komputer, atau juga yang terjadi di depan umum.

Korbannya pun tidak hanya orang awam, namun juga pastinya para selebriti. Seperti lima sosok idol cantik berikut ini. Siapa saja idol cantik para anggota girlgroup Korea yang terungkap pernah jadi korban body shaming? Menyitat Koreaboo, Sabtu (10/8/2019) yuk baca dulu ulasan singkatnya di bawah ini.

Body shaming

1. Sulli (f(x)

sulli fx

Saat masih menjadi anggota f(x), Sulli pernah hadir sebagai bintang tamu dalam tayangan acara “Hello” di stasiun televisi KBS dan mengalami body shaming. Kala itu seorang anggota penonton dengan cueknya mengatakan kepada semua anggota f(x) untuk menurunkan berat badan, terutama Sulli, karena lengan dan betisnya dinilai terlalu gemuk. Mendengar hal ini, anggota lainnya yakni Amber menjadi sangat marah dan mengatakan kepada sang penonton tersebut bahwa ia boleh-boleh saja memiliki pendapat sendiri, tetapi tetap tidak boleh menyakiti orang lain.

2. Jihyo (TWICE)

 jihyo

Kekasih Kang Daniel satu ini pernah jadi korban body shaming dari seorang fotografer yang kala itu bertugas untuk memotret dirinya, saat Jihyo masih syuting acara SIXTEEN. Sang fotografer dengan gamblang mengatakan "Jihyo, kamu terlihat gemuk.". Akhirnya membuat Jihyo mencoba bersembunyi di belakang anggota lain selama pemotretan.

3. Kyla (PRISTIN)

 Kyla PRISTIN

Di usia belia 15 tahun, Kyla sudah menerima banyak kritikan pedas soal bentuk tubuhnya. Ia dianggap terlalu gemuk, terlalu tembam untuk ukuran seorang idol wanita di Korea. Tidak hanya olokan soal berat badannya di dunia maya, bahkan disebutkan saat ia manggung di acara festival dan pertunjukan, para penonton akan terdiam saat part Kyka muncul. Begitu juga saat acara fansign, para juru foto mengabaikannya selama waktu berpose individualnya, dan lebih memilih untuk menunjuk anggota lain.

4. Wendy dan Joy (Red Velvet)

 Wendy dan Joy

Dua dara cantik anggota Red Velvet satu ini juga tak luput jadi korban body shaming di masa lalu. Di awal-awal debut, banyak netizen yang menilai keduanya memiliki tubuh gemuk dan pipi tembam dibandingkan dengan anggota Red Velvet lainnya, Irene dan Seulgi. Hal ini diperparah dengan situasi di mana akhirnya salah satu manajer Red Velvet mengawasi pola makan Wendy dan Joy secara berlebihan bahkan saat berada di belakang kamera sekalipun. Hal ini bahkan membuat, Taeyeon SNSD harus menegur manajer Red Velvet tersebut karena telah membuat dua gadis muda ini tidak bisa bernafas.

5. Yoona (Girls’ Generation)

 Yoona SNSD

Body shaming tidak hanya perkara tubuh gemuk, namun juga tubuh kurus. Seperti yang dialami sang ‘visual queen’, Yoona dari SNSD. Yoona disebutkan sudah menjadi korban body shaming bertahun-tahun karena dianggap memiliki tubuh yang terlalu kurus. Yoona diejek sebagai seorang penderita anoreksia, hingga diolok punya penampilan bak nenek-nenek karena terlalu kurus dan lemah. (dno) 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini