nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Makan Pisang

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 298 2089707 5-manfaat-makan-pisang-FpCbdVilUg.jpg Ilustrasi pisang. (Foto: Instagram/@frui.id)

PISANG adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Rasanya manis dan memiliki sejumlah nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, potasium, magnesium, serta vitamin A, B6, dan C.

Selain itu, makan pisang dapat membantu mengenyangkan perut di kala lapar sehingga menjadi alternatif camilan. Pisang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka olahan makanan seperti smoothie, salad buah, fruit bowl, atau kue.

Jenis pisang cukup beragam, salah satunya adalah pisang cavendish. Di Indonesia, pisang jenis ini dikenal dengan nama pisang ambon putih. Ukuran pisang cavendish cukup besar dan apabila sudah matang, warna kulitnya adalah kuning cerah. Pisang cavendish dapat dengan mudah didapatkan di supermarket atau mini market.

Pisang cavendish dapat dengan mudah didapatkan di supermarket atau mini market.

Bagi Anda yang tertarik membeli pisang cavendish di supermarket atau mini market, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, waktu memakan pisang. Kedua, warna kulit dan batang pisang.

"Apabila pisang ingin langsung dimakan, pilihlah pisang yang warna kulit dan batangnya sudah kuning semua. Bahkan pilih pisang yang kulitnya ada bintik-bintik, itu yang paling bagus," ujar Sherly Lolytia selaku Marketing PT Agro Prima Sejahtera, penyedia pisang cavendish merek Frui!.

"Tapi kalau pisangnya dimakan enggak langsung, pilih yang warnanya masih hijau atau kalaupun kulitnya sudah kuning, pilih yang batangnya hijau," tambahnya.

Sherly mengatakan, untuk menjaga kualitas pisang yang dibeli di supermarket atau mini market, penyimpanan di rumah juga harus diperhatikan. Pastikan pisang tidak disimpan di lemari es. Taruh pisang di meja makan atau suhu ruangan. Lalu habiskan pisang yang warnanya kuning atau berbintik dalam waktu 3 hari.

"Disarankan makannya ketika warna pisang sudah kuning semua, mulai dari kulit hingga batang, itu rasanya manis dan enggak ada rasa sepet. Usahakan pilihnya yang berbintik karena manfaatnya banyak," tutur Sherly.

Dalam presentasinya saat berkunjung ke Redaksi Okezone baru-baru ini, dirinya mengatakan pisang berbintik memiliki beragam manfaat antara lain:

- Mengandung lebih banyak kalium untuk mengontrol tekanan darah,

- Meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel tumor,

- Sumber energi bagi tubuh karena mengandung banyak karbohidrat,

- Meningkatkan imunitas terhadap anemia,

- Serta dapat mencegah depresi.

Melihat manfaat tersebut, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang cavendish secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini