nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Travelling Naik Kereta Api Pertama Kali? Cek Dulu Tipsnya

Senin 12 Agustus 2019 07:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 406 2089831 travelling-naik-kereta-api-pertama-kali-cek-dulu-tipsnya-A1QIefro3z.jpg Foto: Ist

BANYAK moda transportasi untuk travelling, tapi kereta api punya keseruan tersendiri. Banyak keuntungan liburan menggunakan kereta api. Selain murah, naik kereta api juga terhitung cepat lho. Bahkan kereta api dapat menjangkau beberapa daerah di Indonesia yang tidak terjangkau pesawat.

Dulu sih naik kereta api terkesan tidak nyaman atau sumpek. Berbeda dengan sekarang. Kereta api menjelma menjadi kendaraan umum favorit untuk melakukan travelling. Didukung berbagai fasilitas, penumpang nyaman berlama-lama di kereta api.

Belum pernah naik kereta api? Wah, kamu harus coba keseruan travelling naik kereta api. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi yang pertama kali naik kereta. Jangan sampai kebingungan, bisa-bisa merusak momen travelling kamu.

Naik kereta api enggak susah kok. Ini beberapa tips yang bisa dilakukan bagi kamu yang pertama kali naik kereta api.

1. Pesan tiket secara online

Membeli tiket di masa lampau memang merepotkan. Tiket mesti dibeli di stasiun di hari keberangkatan, sering kali dengan antrean panjang. Tentu beda dengan sekarang, pembelian tiket kereta api bisa dilakukan secara online.

Pembelian tiket secara online bisa dilakukan melalui Traveloka kapan saja dan di mana saja. Sistem Traveloka terhubung langsung dengan PT KAI, jadi e-tiket yang kamu beli merupakan tiket resmi dan pastinya aman.

Kamu juga bisa melihat semua jadwal kereta api hingga 90 hari ke depan melalui website atau aplikasi Traveloka. Semua kelas, dari ekonomi hingga eksekutif. Ke mana rencana liburan kamu kali ini? Segera cek di aplikasi tiket kereta.

2. Pesan tiket jauh-jauh hari

Setelah membuat rencana atau itinerary liburan, segera mungkin pesan tiket kereta api. Memesan tiket mepet hari keberangkatan berisiko kehabisan tiket, terutama di musim liburan.

Memesan tiket jauh-jauh hari juga leluasa memilih kelas dan jadwal kereta api. Sesuaikan jenis kereta yang dipilih dengan kebutuhan dan budget tentunya.

Oh ya, kamu bisa memanfaatkan notifikasi kursi kereta api pada aplikasi Traveloka lho. Jadi jika tiket pada jadwal yang diinginkan sudah tersedia, kamu mendapat pemberitahuan dari Traveloka.

3. Ingat, check in & cetak boarding pass

Datang ke stasiun kereta api lebih awal sangat disarankan. Ini dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti telat datang, lalu tertinggal kereta. Datang lebih awal juga memberikan waktu untuk mencetak tiket kereta api yang sudah dipesan.

Masukkan kode booking tiket yang tertera di e-tiket kamu di mesin check-in mandiri. Mesin ini tersedia di beragam stasiun. Cetak boarding pass yang berisi nama penumpang, tanggal keberangkatan, jenis kereta api, dan nomor perjalanan.

Boarding pass ini nanti harus ditunjukan kepada petugas dengan KTP sebelum masuk peron. Boarding pass ini harus tetap disimpan karena petugas di dalam kereta api nanti akan menanyakan. Pilih gerbong kereta dan tempat duduk sesuai tiketmu.

4. Bawa makanan dan charger

Ini juga yang tak kalah penting. Naik kereta api terutama perjalanan jauh akan menguras energi dan membuat perut lapar. Kamu bisa membawa makanan dan camilan untuk menambah tenaga.

Namun, bila tidak membawa makanan, tenang saja. Petugas kereta api acap kali berkeliling menawarkan makanan untuk dibeli.

Selain makanan, yang harus kamu bawa tentunya charger. Bila sudah bosan melihat pemandangan dari dalam kereta, gadget bisa jadi senjata ampuh mengusir kebosanan.

Agar tidak habis baterai smartphone selama perjalanan, kamu bisa mencharge-nya di dalam kereta. Sekarang ini kereta api sudah menyediakan fasilitas colokan listrik. Kamu bisa leluasa charge baterai smartphone kamu untuk update sepanjang perjalanan.

5. Berkenalan dengan orang baru

Naik kereta api pertama kali bisa saja membuat canggung. Tidak ada salahnya berkenalan dengan penumpang lain. Membuka obrolan dengan menanyakan tujuan. Perbincangan dengan orang baru di dalam kereta bisa mengusir kebosanan selama perjalanan.

Hal yang membuat bingung saat naik kereta api pertama kali bisa juga ditanyakan. Jangan sungkan, malu bertanya sesat di jalan. Meski kereta api tidak akan membuat kamu tersesat, kebingungan bisa bikin kamu salah turun stasiun.

Mudah bukan naik kereta api? Oh ya, patuhi semua peraturan yang berlaku sepanjang perjalanan dengan kereta api. Yuk, manfaatkan waktu liburan kamu untuk travelling dengan menggunakan kereta api.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini