nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berawal dari Body Shaming, Nama Cak Lontong Justru Membawa Rezeki

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 03:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 612 2089948 berawal-dari-body-shaming-nama-cak-lontong-justru-membawa-rezeki-4ja1ZQrCzg.jpg Cak Lontong (Foto: Instagram)

Komedian Cak Lontong mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pria yang gemar membuat orang lain emosi dengan leluconnya yang menjengkelkan itu ternyata pernah menjadi korban body shaming ketika masih muda.

Pria bernama asli Lies Hartono tersebut mengaku bahwa nama lontong-lah yang menjadi salah satu bahan ejekannya kala itu. Namun, saat ini justru ia menggunakan nama yang menjadi ejekannya tersebut hingga dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

 Artis

Dalam akun Youtube Robert Harianto, Cak Lontong pun menjelaskan asal mula nama Lontong yang disematkan untuk dirinya. Ia mengaku awal mula nama Lontong tersebut bermula dari teman-teman Sekolah Menengah Atas (SMA)-nya yang mengejek postur tubuhnya yang tinggi dan ramping menyerupai makanan yang terbuat dari beras tersebut.

“Panggilan Lontong itu pertama kali muncul dari teman-teman SMA. Sekadar informasi dulu pas SMA tinggi saya 180 cm lebih tapi berat badan paling 62-63 kilogram jadi kurus panjang gitu kayak lontong. Jadi teman SMA saya manggil saya itu lontong,” terang Cak Lontong.

 Infografis

Lebih lanjut, Cak Lontong mengatakan bahwa nama Lontong yang tersemat dalam dirinya bukan karena kegemarannya mengonsumsi lontong. Pasalnya, banyak masyarakat awam yang memprediksi nama lontong tersebut dari kegemaran pria berusia 48 tahun mengonsumsi lontong.

“Sebenarnya doyan gak doyan sering, karena memang lontong tuh khas Jawa Timur. Banyak makanan yang gandengannya lontong. Ada lontong balap, rujak cingur, lontong kupang, itu semua gandengannya lontong. Tahu telor, tahu tek juga gandengannya lontong, jadi sering makan lontong. Tapi sebenarnya alasannya kaya tadi, bukan karena senang makan lontong. Tapi karena teman-teman sekolahnya memanggil lontong,” lanjutnya.

Artis kena body shaming

Cak Lontong pun mengatakan dirinya merasa lebih baik disebut lontong. Meskipun ada benda lain yang berbentuk tinggi dan kurus selain lontong, seperti tiang listrik contohnya. Sembari bercanda ia pun lantas membeberkan mengapa dirinya ogah dipanggil dengan sebutan tiang listrik.

“Nah nanti kalau jadi tiang listrik nanti ditabrak sama SN. Nanti nasibnya sudah jadi tiang listrik ditabrak lagi, kan gak enak,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini