nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita di Balik Henna Tania Nadira

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 10:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 10 611 2090150 cerita-di-balik-henna-tania-nadira-rjBOq5fvNd.jpg Cerita di balik Henna Tania Nadira (Foto : @tanianadiraa/Instagram)

Pesta Sangeet Night Tania Nadira jadi sorotan publik. Rangkaian pernikahan mewah Tania dan Abdulla Alwi itu jadi sorotan karena pesta dibuat seperti pernikahan raja dan ratu India.

Pakaian Tania Nadira yang didatangkan langsung dari India menjadi hal yang menarik untuk dikulik. Sari berwarna merah dengan aksen emas yang dikenakan mantan istri Tommy Kurniawan itu membuat dia terlihat mirip Kareena Kapoor.

Selain baju dan aksesori yang sangat mewah, banyak orang juga dibuat salah fokus dengan henna yang terlukis indah di lengan Tania. Diketahui dari Instagram pribadi Tania, Profesional Henna Artist Fatimah Habsyi lah yang mencipta keindahan di tangan Tania saat Sangeet Night di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Nah, dalam kesempatan ini Okezone coba berbincang dengan Fatimah yang biasa disapa Ima terkait proses pembuatan henna di tangan dan kaki Tania untuk Sangeet Night. Penasaran?

Tania Nadira pakai henna

Pada Okezone, pemilik Instagram @barbie_ima itu menjelaskan kalau dirinya memang ditunjuk langsung oleh Tania untuk menjadi henna artist-nya. Kedekatan dan beberapa kali pernah bekerja sama dengan Tania diungkapkan Ima sebagai alasan dirinya didapuk sebagai salah satu bagian penting di rangkaian pernikahan Tania.

"Aku sudah kenal Tania itu sejak 3 atau 4 tahun lalu. Tania juga sudah beberapa kali menggunakan jasa aku buat bikin henna," terang Ima saat diwawancarai lewat sambungan telepon, Jumat 9 Agustus 2019.

Terkait dengan henna di momen Sangeet Night, Ima menuturkan kalau Tania memang memberi request-an khusus. Menurut Ima, Tania minta henna yang dibuat adalah tradisional India. Hal ini juga sejalan dengan baju yang dipakai dan konsep acaranya.

Lantas, apa bedanya henna India dengan henna biasanya?

Ima menjawab, itu bisa dilihat dari adanya pola bunga lotus, bunga paisley, peacocok, dan detail lukisan yang padat, panjang, dan sangat detail.

Untuk bahan hennanya sendiri, Ima menyatakan kalau bahan bakunya dia datangkan langsung dari India tapi kemudian dia racik sendiri di Indonesia.

"Ini kan permintaan khusus Tania yang ingin henna-nya 'rasa' tradisional India, makanya kita juga semaksimal mungkin pengerjaannya," singkatnya.

Ima menambahkan, henna itu kalau di India seperti proses penyucian diri dari energi negatif. Makanya, kita juga ikutin pakem yang sudah berlaku dan nggak sembarangan dalam mengerjakannya, termasuk ketika mengerjakan henna untuk Tania Nadira.

Proses menghenna kaki dan tangan dilakukan di hari yang berbeda

Jika Anda hanya bisa lihat henna di lengan Tania, Ima menjelaskan kalau Tania juga menghenna kakinya. Proses pengerjaannya pun menghabiskan waktu yang tak sebentar.

Untuk pengerjaan pertama yaitu kaki, Ima mengerjakannya di 17 Juli 2019 pukul 5 sore hingga sekitar 7 malam. Setelah itu Tania mesti latihan menari di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Nah, esok harinya, sekira pukul 10 pagi hingga 12 siang pada 18 Juli 2019, Ima menghenna tangannya. Ima menuturkan, dirinya menghenna bagian lengan sampai siku, sedangkan kaki hanya sampai atas mata kaki.

"Aku ngerjain henna Tania ini pisah hari saking dia sibuknya. Rangkaian pernikahan yang begitu panjang, Tania sendiri yang handle dan ikut turun tangan sekali pun ada tim yang juga ikut membantu di belakangnya. Aku salut banget sama dia," terang Ima.

Tania biru

Di sisi lain, Ima menceritakan kisah seru saat menghenna Tania. Dijelaskan Ima, Tania itu sampai tidur saat dihenna saking dia capek. Ya, uring-uringan dia memang pas dihenna. Tapi, Tania ternyata sabar dan bisa melihat hasilnya.

Ima mengaku sangat bangga dengan Tania, dia cukup kooperatif juga saat dihenna. "Ya, walau sampe bobo terus lanjut lagi dan kelihatan capek, dia tetap mengikuti proses henna dengan sangat baik," tambah Ima.

Harus Hapus Henna Marun demi Henna Putih

Sementara itu, ada hal yang tak kalah menarik dari proses henna Tania ini. Ima menceritakan juga kalau ada proses penghapusan henna merah marun untuk diubah menjadi henna putih. Ini harus dilakukan karena henna putih dilukiskan saat Tania melangsungkan akad nikah dengan Alwi.

Jadi, henna putih harus dilukis di lengan Tania karena berkaitan dengan adat Sunda yang dipilih saat akad nikah. Hal ini mengharuskan Tania menghapus henna merah marunnya yang bernuansa India tradisional.

Proses penghapusan henna merah marunnya berlangsung cepat. Karena waktu akad nikahnya tak lama setelah Sangeet Night berlangsung. Jadi, mau nggak mau Tania mesti ekstra tenaga dan waktu untuk menghapus henna sebelumnya.

"Kita coba bantu hapus dengan lulur, peeling, air garam, sampai pakai tiner. Kalau tiner, ini tidak direkomendasikan karena tidak baik untuk kulit. Tapi, karena keadaannya mengharuskan dihapus, ya, kita hapus pakai tiner dan berhasil," papar Ima.

Henna Tania

Setelah henna merah marunnya hilang, Ima lantas melukis henna putih di atas telapak tangan bagian atas dengan gaya khas Indonesia. Motif yang digunakan Ima sesuaikan dengan kebaya yang dikenakan Tania saat akad nikah.

Satu fakta yang tak kalah menarik ialah, meski bagian tangan atas Tania berhenna putih, ternyata di tangan bagian bawah itu masih ada henna merah marun. Sebab, henna di tangan bawah memang tidak dihilangkan.

"Dan yang mesti diketahi juga, kalau penggunaan hena merah yang tradisional itu, hialngnya 10 hari sampai 2 minggu. Sedangkan untuk henna putih, 2 hari juga sudah hilang," tambah Ima.

So, ternyata di balik indahnya tangan Tania berlukis henna merah marun yang sedang banyak jadi sorotan, ada kisah menarik yang bisa diketahui dari Ima Barbie. Salut!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini