nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kolagen Bisa Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara, Tasya Farasya Membuktikannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 07:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 11 611 2090601 kolagen-bisa-menangkal-radikal-bebas-akibat-polusi-udara-tasya-farasya-membuktikannya-0inrWTF1i8.jpg Kolagen bisa menghalau radikal bebas akibat polusi udara (Foto: Instagram/@tasyafarasya)

HIDUP di Jakarta tidak lagi bicara soal semua ada dan tidak pernah ada tidurnya. Menetap di Jakarta juga mengharuskan Anda siap untuk terpapar polusi udara. Bahkan, berdasarkan data Air Visual, Jakarta tergolong dalam kota dengan kondisi udara yang tidak sehat.

Malah, di beberapa hari yang lalu, Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan polusi udara paling buruk di dunia. Tentu, ini jadi keprihatinan semua orang, khususnya warga Jakarta. Tidak bisa lagi hanya menyalahkan kendaraan yang semakin padat, tapi faktor lainnya pun punya andil besar dalam memperburuk kondisi udara Ibu Kota.

Nah, membahas hal ini, Okezone coba mewawancarai Dokter Aging dr. Haekal Yassier Anshari, M. Biomed (AMM), untuk mencari tahu apa bahaya polusi pada wajah dan apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir paparan polusi udara yang sangat tidak sehat.

 polusi udara

Dijelaskan dr Haekal, polusi udara yang buruk membawa dampak tidak sehat untuk tubuh, tak terkecuali untuk wajah. Semakin sering terpapar polusi, maka wajah akan tampak lebih kusam dan penuaan pun semakin terlihat. Itu kenapa dia menyarankan agar setiap orang memerhatikan asupan makanan dan minumannya.

Salah satu bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam tubuh adalah kolagen. Bahan alami ini sejatinya ada di tubuh manusia, tetapi karena bertambahnya usia, proses penciptaannya jadi tak semaksimal Anda saat berusia di bawah 25 tahun.

"Kolagen itu bisa menjadi salah satu upaya untuk menangkal radikal bebas yang banyak terdapat di polusi udara. Semakin banyak kandungan kolagen di tubuh, semakin sehat tubuh Anda. Sebab, kolagen juga berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh," paparnya saat ditemui di Jakarta, Minggu 11 Agustus 2019.

Dokter Haekal melanjutkan, dalam kolagen juga dikenal adanya antioksidan yang baik untuk mencegah paparan radikal bebas. Ketika tubuh Anda minim terpapar oksidan jahat, maka dipastikan kondisi kulit dan kesehatan tubuh akan terjaga.

Tingginya kadar antioksidan dalam kolagen juga memaksimalkan tubuh menciptakan perisai dalam melawan polusi udara. Selain itu, perbaikan struktur kulit juga akan jadi lebih maksimal jika jumlah kolagen yang ada di tubuh cukup.

"Kalau usia sudah tua, maka keperluan kolagen dalam tubuh juga akan lebih banyak. Sebab, bukan hanya mengatasi kerutan di wajah, tapi kolagen juga dimanfaatkan untuk mengembalikan fungsi anggota tubuh yang sudah berkurang," tambah menjelaskan rinci tentang manfaat kolagen yang ampuh menghalau radikal bebas akibat polusi udara.

Tasya Farasya Buktikan Kolagen Baik untuk Perbaiki Kualitas Kulitnya

 Tasya Farasya

Sebagai Beauty Influencer, Tasya Farasya sadar betul kalau kulit adalah investasi terbesarnya. Menjaga kulit tetap sehat dan bersih akan memaksimalkan hasil makeupnya. Maka dari itu, Tasya menjelaskan kalau dirinya mulai memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi tubuhnya.

Menurut Tasya, jika luarnya saja yang dijaga, tetapi bagian dalamnya dibiarkan rusak, ya, tampilan akhirnya akan terlihat tetap tidak sehat. Mau makeup sebagus apa pun, kalau memang tubuh bagian dalamnya rusak, maka yang terlihat pun akan tidak indah. Apalagi ditambah serangan polusi di Jakarta yang tidak sehat.

"Makanya, selain penggunaan skin care yang tepat dan memerhatikan rules dalam ber-makeup, aku juga mulai memberi perhatian pada apa yang aku konsumsi. Sebisa mungkin aku melihat nutrisi yang ada karena paparan polusi susah dibendung juga," paparnya pada Okezone di acara yang sama.

Nutrisi yang cukup penting bagi Tasya adalah kolagen. Sebab, bagaimana pun radikal bebas yang ada di udara terbuka akan memengaruhi kualitas akhir kulit kita. Dengan tercukupinya nutrisi tubuh, setidaknya organ dalamnya sehat dan bikin wajah juga terlihat bersinar.

"Kolagen bagi aku penting, bukan cuma untuk kulit wajah, tapi baik juga dalam menjaga kuku dan rambut aku yang belakangan ini mulai kurang baik kondisinya. Jadi, aku mulai rutin konsumsi kolagen tambahan agar tubuh aku tetap sehat," tambah Tasya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini