nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tahun Pacaran, Wanita Ini Harus Putus dengan Kekasih Gara-Gara Weton

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 17:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 12 196 2090911 5-tahun-pacaran-wanita-ini-harus-putus-dengan-kekasih-gara-gara-weton-H8ysJHMMXg.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Elly Shofiana tidak pernah menyangka hubungan cinta yang telah ia bangun selama kurang lebih 5 tahun, harus putus di tengah jalan. Melalui akun Twitter pribadinya, Elly membagikan kisah tersebut.

“Udah deket sama keluarganya. Udah bicarain masa depan. Mamanya juga bilang nanti kalau nikah tinggal di sini. Eh putus tengah jalan. Hubungan 5 tahun. Kandas gara-gara weton. Ga nyangka beneran lho aku sampai sekarang,” tulis Elly.

 Putus

Sekadar informasi, istilah weton merujuk pada suatu ramalan yang berasal dari kebudayaan Jawa. Weton sering digunakan ketika sepasang kekasih berencana ingin menikah. Padahal, pada dasarnya weton adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan hitungan hari dalam kalender Jawa.

Seperti diketahui, dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa. Sementara weton adalah gabungan keduanya yang menunjukkan hari kelahiran seseorang.

Empat tahun berjuang bersama

Ada satu hal yang membuat Elly merasa sangat kecewa bila mengingat kembali kenangannya bersama mantan. Memang bukan perkara mudah melupakan seseorang yang telah menghiasi kehidupan selama kurang lebih 5 tahun.

Kepada Okezone, Elly mengaku bertemu dengan mantan kekasihnya itu ketika mengenyam pendidikan di sebuah universitas yang sama. Selama menjalani masa pacaran, tak terhitung sudah berapa banyak momen suka dan duka yang telah mereka lewati.

 Putus gara-gara weton

“Susah bahagia dijalani bareng-bareng. Jalan-jalan dari timur tenggara selatan ayok. Kemana ayok. Kemana oke. Makan ini iya. Gak ada uang makan mi instan. Ada uang ayo makan enak. Bayangkan dong 4 tahun bareng pas kuliah. Udah bayangin masa depan dong pastinya,” kenang Elly.

Keseriusan Elly dan sang mantan juga mereka tunjukkan saat menyusun tugas akhir atau skripsi. Keduanya sepakat untuk segera menyelesaikan pendidikan agar bisa melangkah ke jenjang yang lebih serius.

“Dulu ngejar-ngejar biar lulus bareng biar cepat ke jenjang serius. Sampai bantu skripsi. Bantu apapun. Niatnya biar cepat lulus, cepat ngelamar. Biar cepat nikah,” kata Elly.

Perjuangan mereka tidak sia-sia. Elly dan mantannya lulus di waktu yang sama. Pada saat wisuda, Elly juga sempat foto bareng dengan keluarga sang mantan.

Elly menambahkan, sedekat apapun hubungan seseorang dengan ‘calon mertua’, tidak akan menjamin hubungan mereka akan langgeng hingga pelaminan. Padahal, ia sudah merasa dekat dengan keluarga sang kekasih bahkan kerap bepergian bersama mereka.

Terkendala weton

Setelah lulus, ia menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Namun, pada fase inilah Elly mulai mengingatkan kembali keseriusan sang mantan untuk menikahinya. Bak petir di siang bolong, alih-alih mendapat kabar baik, sang mantan justru memberikan sebuah pernyataan yang tidak pernah Elly bayangkan sebelumnya.

Hubungan mereka rupanya terkendala perhitungan weton. Berdasar penjelasan yang ia terima dari sang mantan, perhitungan weton Elly dan kekasihnya itu dinilai tidak baik bagi keberlangsungan rumah tangga mereka kelak.

 Putus gara-gara weton

“Katanya nanti bakal meninggal cepat salah satunya. Nanti rejeki susah. Dan aku yang ga tau apa-apa masalah weton karena keluargaku enggak pakai itungan weton, hanya bisa pasrah,” tutur Elly.

Kendati demikian, Elly memutuskan tetap menjalani hubungan dengan sang mantan selama kurang lebih satu tahun. Mereka mencoba untuk bertahan, meski pada akhirnya hubungan mereka harus kandas di tengah jelan.

“Karena sepertinya akan begini terus enggak akan ada kelanjutannya. Udah lelah aja gitu. Pasrah aja. Ya berat banget sih. Aku enggak nyalahin siapapun. Enggak nyalahin kalian yang masih pake weton juga. Semoga kita sama-sama ikhlas,” timpalnya.

Mencoba ikhlas

 Putus gara-gara weton

Rasa kecewa membalut hati dan pikiran Elly. Bahkan, hingga saat ini ia masih belum bisa menerima keadaan. Bagaimana tidak, sebelum menjalin hubungan dengan sang mantan, ia pernah dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Namun, Elly lebih memilih untuk melanjutkan hubungannya dengan sang mantan.

“Aku selalu belain dia sampai orang tua ku bisa menerima. Tinggal selangkah lagi aja. Asal harus serius. Udah padahal tinggal itu aja,” ujar wanita berusia 23 tahun itu.

Lebih lanjut, Elly mengatakan, beberapa teman dan orang-orang terdekat juga sempat mempertanyakan, ‘mengapa tidak sedari dulu ia menghitung weton dengan sang mantan?’. Mengingat ia dan keluarganya tidak paham hal tersebut, mereka pun tidak bisa berbuat apa-apa.

“Banyak yang bilang sayang banget. Lha apalagi aku? Eh Kita? Ya sayang banget emang. Sayang sekali. Kayak makanan jatuh yang belum lima menit. Doakan saja semoga aku bisa ikhlas, kuat, tabah, sabar, rajin belajar wkwkwk. I love you guys,” pungkasnya.

Dukungan netizen

Hingga berita ini dituliskan, curahan hati Elly telah dibagikan lebih dari 820 kali dan berhasil menarik simpati netizen. Tak sedikit pula yang memberikan dukungan kepada wanita asal Pekalongan itu.

“Kita adalah rasa yang tepat diweton yang salah,” tulis akun @martania79 seolah pernah mengalami kejadian serupa.

“Maaf ya mbaak....kalau aku jadi mbak, aku ngga masalah soal keyakinan weton2-an para orang tua. Yang lucu kan calon mbak, kok ya juga percaya. Andai si dia ngga percaya weton...ya udah nikah aja. Yg penting kan sesuai agama n sah. Kalau lanang 'ga direstui' ortu ya gapapa,” tulis akun @Widyarenee.

“Terkadang Tuhan bukan Memberikan apa yang kita inginkan, tapi dia berikan apa yang kita butuhkan,” tulis akun @daddyliciousss.

“Yang sabar ya mbak. Semua indah pada waktunya. Btw, wetonnya apa? Siapa tau bisa kita cocokkan,” tulis akun @radiya3003.

Ada juga netizen yang berasumsi bahwa weton hanya menjadi akal-akalan pihak keluarga untuk menyudahi hubungan Elly dengan mantannya.

“Itu sih keluarga mantanmu aja yang enggak ngasih ijin kamu sama dia. Namanya mati ya pasti salah satunya duluan lah. Jarang banget suami istri mati barengan kecuali kecelakaan atau dibunuh. Di adatku ya pake weton, aku sama istri ndak terlalu cocok, tapi ada penangkalnya dong,” tulis akun @adhyanovic.

“Tapi masih mendingan kamu dek, gagal nikah karena weton. Temenku lho, gagal nikah gara-gara rumah mantannya menghadap utara,” tambahnya. (tam)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini