nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pilu Mbah Niah yang Berjualan Rujak hingga Usia Senja

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 07:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 612 2090690 kisah-pilu-mbah-niah-yang-berjualan-rujak-hingga-usia-senja-lWTI0dNtHI.jpg Kisah Mbah Niah jualan rujak hingga usia senja (Foto : @surabaya_foodies/Instagram)

Kisah hidup terkadang memang keras. Seseorang dituntut untuk bekerja keras demi mendapatkan uang untuk menafkahi keluarga di rumah. Terkadang seseorang terpaksa harus bekerja meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

Seperti kisah seorang nenek yang satu ini. Namanya Mbah Niah, sehari-hari ia berjualan rujak demi menyambung hidup. Usianya sudah tidak muda lagi yakni menginjak 80 tahun. Dengan usia seperti itu, seharusnya Mbah Niah sudah bisa bersenang-senang bersama cucunya.

Namun, Tuhan berkata lain. Mbah Niah yang berasal dari Bangkalan, Madura ini tidak memiliki anak maupun saudara. Ia hanya hidup berdua dengan sang suami yang berusia 95 tahun di sebuah kontrakan kecil seharga satu juta per tahunnya.

Nenek rujak

(Foto : @surabaya_foodies/Instagram)

Pekerjaan Mbah Niah dalam dunia perujakan bukanlah hal kisah yang baru. Ia telah menikmati asam garam kehidupan dengan mengadu nasib sebagai tukang rujak selama 52 tahun. Mulai dari harga rujaknya Rp1 hingga menjadi Rp10 ribu.

Mbah Niah berjualan mulai pukul 17.00 sore hingga pukul 24.00 malam. Rata-rata pembelinya juga hanya 3-4 orang per hari. Ia pun pernah mengalami nasib apes dengan tidak mendapat satu orang pembeli pun. Alhasil ia harus mengalami kerugian dengan menutupi ongkos becak dan transportasinya.

Sekadar informasi Mbah Niah berjualan di daerah KH Mas Mansur. Bagi Anda yang merasa iba dengan nasib Mbah Niah, tidak ada salahnya untuk menepi sesaat untuk membeli rujak buatannya, demi menyambung hidup bersama sang suami.

Nenek Penjual

(Foto : @surabaya_foodies/Instagram)

Kisah Mbah Niah ini menjadi salah satu potret kehidupan keluarga masa kini yang harus berjuang hingga usia senja demi menyambung nyawa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini