nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Kisah 4 Bocah Kembalikan Dompet Berisi Rp900 Ribu dengan Bersepeda 8 KM

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 19:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 612 2090946 viral-kisah-4-bocah-kembalikan-dompet-berisi-rp900-ribu-dengan-bersepeda-8-km-inyzcp7hLv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK kejadian buruk di negeri ini seperti pemerkosaan, penculikan, atau bahkan pembunuhan yang dilatarbelakangi cinta buta. Tapi, Anda jangan tutup mata juga kalau masih ada orang baik di sekitar kita.

Seperti empat bocah berhati jujur ini. Mereka dengan ketulusan hati berniat mengantarkan dompet yang terjatuh ke pemilik aslinya. Bahkan, keempat bocah ini rela panas-panasan menuju alamat yang tertera di KTP di dalam dompet tersebut.

Kisah ini viral di media sosial. Awal mula diketahui publik dari postingan Aris Dwi Cahya Ningrum di Facebook pribadinya. Dalam curhatan hatinya itu, Aris menjelaskan kalau dirinya tidak menyangka kalau dompetnya yang berisi uang Rp900 ribu itu benar-benar ada di genggamannya lagi setelah hilang.

Aris menjelaskan kalau dompetnya itu jatuh di kawasan Klampok, sedangkan rumah ayahnya yang ada di alamat KTP berada di daerah Sentul PIPP. So, jarak yang ditempuk keempat anak ini sekitar 8 km. Bukan jarak yang dekat untuk seusia mereka yang masih SD.

Bahkan, diketahui kalau bocah-bocah ini datang mengembalikan dompet ke rumah bapaknya Aris dengan mengayuh sepeda roda dua. Usaha yang pastinya harus diapresiasi.

"Ya Allah, nak. Ini real, ya. Dompet saya jatuh dan di dalamnya ada uang hampir Rp900 ribu lebih dan dikembalikan dari Klampok sampai di Sentul PIPP dia ngontel gek panas-panas Ya Allah, nak. Umur smono kamu jujurmenn, aku jan terharu," tulisnya dalam Facebook.

Postingan ini dibagikan pada 6 Agustus 2019 dan sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 3,9 ribu netizen yang merespon dan 1,7 ribu netizen membagikan ulang. Beberapa dari netizen memuji kejujuran para bocah SD ini.

"Anak-anak yang belum ternodai hatinya, semoga kelak anak-anakku seperti itu, amin," ungkap Mendhiank SteelButterfly.

"Anak-anak seperti ini dididik biar bisa jadi pejabat masa depan," kata Anna Irysad.

"Inilah budaya asli Indonesia. Mari terus kita tanamkan kejujuran kepada anak-anak kita dan ini biar dicontoh oleh para pengelola negeri ini dan bagi yang pinter ngomong kebaikan, kejujuran, paling segalanya, berkacalah pada anak bau kencur ini," tutur Subani.

"Aku bangga dengan anak tersebut memberi contoh generasi masa depan untuk Indonesia yang jujur," kata Bos Kus.

"Masya Allah, Alhamdulillah masih ada generasi muda yang jujur seperti mereka," kata Asti Bundanya Muzakki.

Sementara itu, ada juga netizen yang memberi cibiran ke Aris. Netizen ini berucap kalau Aris pelit karena hanya memberi minum yang harganya seribuan.

"Udah dipulangin mosok cuman dikasih al*-al* yang seribuan. Pelit amat dah,' kata Hafid Setiawan. Komentar ini kemudian dibalas oleh netizen lain. "Masa ngasih imbalannya harus dishare juga? Mikir dikit napa," tegas Erma Astina.

Di postingan lain, Aris yang mengetahui kalau banyak netizen yang menyayangkan dirinya hanya memberi minuman seribuan, membantah hal tersebut. Dia menegaskan kalau keempat anak itu diberi imbalan tetapi tidak dia publish.

"Aku nggak balas satu-satu, ya, gaes. Banyak yang nanya dikasih imbalan tak? Dikasih makan tak? Alhamdulillah gaes, saya sudah kasih imbalan sepantasnya dan uang makan buat mereka," terangnya di postingan yang dia bagikan tak lama setelah postingan pertama viral.

Dalam caption tersebut, Aris juga menjelaskan kalau keempat anak SD itu datang bukan ke rumahnya, melainkan ke rumah ayahnya. Itu kenapa anak-anak ini tidak diberi makan karena ayahnya sedang tidak masak.

"Mereka antar bukan di rumah saya tapi di rumah bapak saya dan bapakku pas ra masak, gaes. Makanya ta' kasih uang makan sendiri. Alhamdulillah gaes, teringat anak-anak ini, aku langsung nangis terharu," katanya.

Semoga kisah ini bisa menjadi contoh buat kita semua, terkait dengan kejujuran. Kalau memang Anda menemukan dompet di jalan dan rasanya masih sanggup mengembalika, maka lakukanlah!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini