nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata, Ini Penyebab Orang Indonesia Malas Belajar Bahasa Inggris

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 21:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 612 2091061 ternyata-ini-penyebab-orang-indonesia-malas-belajar-bahasa-inggris-HnGoqNVy1g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT ini Indonesia masih masuk ke dalam salah satu negara dengan penduduk yang kurang mahir berbahasa Inggris. Padahal, bahasa internasional ini sangat dibutuhkan seiring dengan persaingan di era perdagangan bebas.

Data English Proficiency Index 2018 menyebutkan, Indonesia salah satu negara dengan penguasaan Bahasa Inggris yang rendah. Indonesia rangking ke-51 dari 80 negara internasional yang masuk ke dalam riset. Sementara jika dibandingkan dengan 21 negara Asia, Indonesia peringkat ke-13.

Perwakilan EF English Center Of Adult Evan Januli mengatakan, banyak penyebab yang membuat seseorang tidak mahir berbahasa Inggris. Salah satunya yang sering dijumpai adalah rendahnya rasa kepercayaan diri seseorang dalam bercakap bahasa Inggris.

 sering dijumpai adalah rendahnya rasa kepercayaan diri seseorang dalam bercakap bahasa Inggris.

"Kita memang punya bahasa ibu, Bahasa Indonesia. Setiap hari orang lebih pilih ngobrol pakai bahasa ibu, ketimbang Bahasa Inggris," ucap Evan di The Plaza Jakarta, kawasan Thamrin, Senin (12/8/2019).

Selain itu, tambah Evan, ketika datang ke negara sahabat, masyarakat di sana paham Bahasa Indonesia, karena bahasa sehari-harinya mirip Melayu. Jadi, orang Indonesia tak perlu repot ngobrol dengan bahasa Inggris alias malas. Akibatnya mereka kurang mahir dalam bercakap dengan Bahasa Inggris.

Evan menambahkan, saat seseorang ingin mahir berbahasa Inggris, kuncinya harus yakin dan tidak malas untuk latihan. Meskipun lingkungan memengaruhi bahasa, tak ada salahnya Anda rutin berbahasa Inggris.

Nah, di dekat kita, pasti ada kata atau quote dengan Bahasa Inggris. Misalnya saja di mal, gedung perkantoran, restoran, sekolah, hingga di televisi pun tak lepas dari ungkapan kata Bahasa Inggris.

Karena itu, tidak perlu malu untuk terus melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris dengan orang lain. Awalnya bisa dimulai dengan meniru omongan Bahasa Inggris sedikit-sedikit, nanti pasti deh akan lebih percaya diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini