Hindari Kecanduan Gadget, Ini Cara Susan Bachtiar Ajarkan Kedisiplinan pada Anak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 14 196 2092023 hindari-kecanduan-gadget-ini-cara-susan-bachtiar-ajarkan-kedisiplinan-pada-anak-x8fcELzDsc.JPG Susan Bachtiar beri tips pola asuh (Foto: Dimas/Okezone)

SETIAP orangtua memiliki cara masing-masing untuk membantu tumbuh kembang anak. Namun di era serba digital seperti saat ini, diperlukan pola asuh yang tepat agar anak bisa mengembangkan kreativitas mereka secara maksimal. Artis dan model senior Susan Bachtiar memberikan tips jitunya

Susan Bachtiar mengaku membatasi penggunaan gadget buah hatinya, Tristan Van Tongeren guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti konten-konten negatif yang bertebaran di internet.

"Biasanya sih akhir pekan baru saya bolehkan mereka bermain gadget lebih lama. Kalau pulang sekolah pun sebetulnya boleh, tapi harus ada saya yang mengawasi," tutur Susan saat ditemui awak media, dalam acara Wealth Wisdom 2019 oleh Permata Bank, di kawasan SCBD, Rabu (14/8/2019).

 Susan Bachtiar

Lebih lanjut, ia menerangkan, kecanduan bermain gadget sebetulnya sempat merundung buah hatinya. Kala itu, Tristan tiba-tiba murung dan lebih banyak berdiam diri, lantaran Susan Bachtiar tidak memperbolehkannya bermain gadget.

Hal ini memang tidak terlepas dari nilai-nilai kedisiplinan yang telah diajarkan oleh kedua orangtuanya.

"Didikan orangtua saya kebawa sampai saat ini. Mereka selalu mengajarkan bahwa mengajarkan anak untuk disiplin harus dilakukan sedini mungkin," tegas Susan.

Tidak hanya menyangkut kedisiplinan, Susan juga selalu mengajarkan Tristan untuk berbagi dan berbuar baik kepada orang-orang di sekitar, seperti teman sekolahnya.

Wanita yang juga berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris ini pun menambahkan, bila ingin mengajarkan sesuatu kepada anak-anak, maka harus dimulai dari orangtuanya sendiri. Orangtua harus memberikan cerminan atau contoh yang baik kepada anak, karena perilaku anak cenderung menirukan atau mengikuti kedua orangtuanya.

"Ambil contoh, bila ingin anak suka membaca, orangtuanya juga harus suka membaca. Bisa dibilang seperti refleksi saja dari perilaku orangtua kepada anak," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini