nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Produk Perawatan Bayi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 08:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 14 481 2091976 perhatikan-hal-ini-sebelum-membeli-produk-perawatan-bayi-Nh7aVFzJZQ.jpg Belanja perawatan bayi (Foto: Videohive)

ORANGTUA manapun pasti ingin anaknya bisa tumbuh kembang sehat tanpa mengalami masalah atau penyakit apapun. Termasuk soal penyakit kulit, khususnya untuk bayi, orangtua harus jeli sebelum membeli produk perawatan bayi.

Kondisi kulit bayi itu berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi cenderung 30 hingga 50 persen lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Sehingga bisa dikatakan lebih riskan terkena berbagai masalah kulit, karena gampang kering, iritasi, hingga mengalami reaksi alergi.

Maka dari itu, dalam merawat kesehatan kulit bayi, sudah sepatutnya orangtua memahami betul sebenarnya kualifikasi apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli produk-produk perawatan bayi.

Nah, apa saja sih persyaratan yang harus dilihat oleh orangtua tersebut? Berikut penjelasan singkat dr.Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAM, MHKes, KFCCS selaku dokter spesialis kulit.

 belanja keperluan bayi

“Kualifikasi saat beli produk untuk bayi dan anak, pertama harus anti-alergi, lalu ada label BPOM nya. Selain itu, produk tersebut juga harus bebas mengandung alkohol, dan juga bebas antiseptik, yang mana ini cenderung memicu terjadinya iritasi contohnya seperti kandungan triclosan,” jelas dr.Edwin saat ditemui Okezone, di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan.

Tidak hanya paham soal kualikasi memilih dan membeli produk perawatan bayi dan anak, di kesempatan yang sama dokter Edwin juga mengungkapkan tips-tips dasar dalam merawat kulit bayi dan anak-anak.

Kemudian soal pemilihan produk perawatan yang digunakan dalam keseharian, ternyata disebutkan oleh dr.Edwin, produk untuk bayi itu dipilih bukan hanya harus tepat namun juga cocok. Sebab, produk yang tepat belum tentu pasti cocok mengingat setiap individu memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda.

Lalu good hygiene, maksudnya di sini ialah sebagai orangtua tidak perlu terlalu over, cukup lakukan dan jaga kebersihan anak secukupnya. Berikutnya, dr.Edwin menyarankan orangtua itu harus aware atau dengan kata lain punya tingkat kesadaran yang tinggi.

“Aware, di sini maksudnya lebih ke sadar sama adanya perubahan pada kulit. Selain itu harus bijak juga, be wise kalau memang enggak bisa ngobatin sendiri yang memang harus berobat ke dokter yang berwenang,” tutup dr.Edwin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini