nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hantu Noni Belanda hingga Teriakan dari Sumur, 5 Kejadian Mistis di Lawang Sewu

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 23:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 15 612 2092458 hantu-noni-belanda-hingga-teriakan-dari-sumur-5-kejadian-mistis-di-lawang-sewu-YS53NK6F1M.JPG Misteri di Lawang Sewu (Foto: Tiara/Okezone)

OBJEK wisata Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu bangunan angker peninggalan zaman penjajahan Belanda. Bahkan beberapa orang ada yang merasakan aura mistis saat berkunjung ke bangunan berarsitektur gaya Eropa itu. Ada pula yang sampai melihat penampakan mahluk halus.

Berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar serta memiliki 3 lantai dan 928 daun pintu, konon hantu di Lawang Sewu tersebar di beberapa titik.

Lawang sewu

Untuk mencari tahu lebih dalam, Okezone mencoba menghubungi anak indigo, Nano Kyuby pada Kamis (15/8/2019) melalui sambungan telepon. Dari perbincangan, setidaknya ada 5 hantu yang sering dilihat oleh orang-orang. Berikut ulasannya.

1. Noni Belanda

Ilustrasi noni belanda

Salah satu hantu yang paling santer terdengar ada di Lawang Sewu adalah Noni Belanda. Beberapa orang ada yang mengaku pernah melihat Noni Belanda itu berkeliaran di sekitar bangunan. "Ya, memang ada Noni Belanda dan korban peperangan yang dikubur di sana. Mereka ini gentayangan dan masih tinggal di Lawang Sewu," tutur Nano.

2. Perempuan berambut panjang

Selanjutnya, ada pula yang sering melihat sosok hantu perempuan berambut panjang. Menurut Nano, itu adalah perempuan Jawa yang merupakan korban pembantaian. "Dulunya ada perempuan Jawa yang cantik-cantik dan berambut panjang. Mereka sering diperkosa dan dibunuh di situ," terang Nano.

 Lawang sewu

3. Hantu penjara

Lantaran sangat megah, bangunan Lawang Sewu terdiri atas beberapa bagian, salah satunya penjara. Di sana dikabarkan ada pula hantu yang sering berkeliaran. Nano menjelaskan, dulunya penjara digunakan untuk menyiksa para pekerja rodi hingga meninggal. "Banyak penyiksaan yang sangat kejam di zaman Belanda. Kebanyakan orang Indonesia yang disiksa dan dibunuh. Jenis hantu di penjara bermacam-macam, ada orang Jawa, orang etnis China, perempuan seperti kuntilanak, anak kecil, dan bapak-bapak tua," ucap Nano.

4. Tangan hitam di pintu utama

Meskipun memiliki jumlah pintu yang sangat banyak, di Lawang Sewu ada pintu utama. Konon sering terjadi penampakan tangan hitam. Menurut Nano, di pintu utama itu memang ada penjaganya yang berupa jin. Sosok jin tersebut tinggi besar, gigi bertaring,mata besar, kuku panjang berwarna hitam, dan rambut agak gondrong. "Tangan hitam itu milik jin tersebut. Namun dia menampakkan diri hanya pada orang-orang tertentu," jelas Nano.

 Lawang sewu

5. Teriakan dari sumur

Sedikit berbeda, kali ini rupa hantu bukan penampakan melainkan suara-suara. Dari sumur di bagian depan Lawang Sewu sering terdengar suara lolongan, teriakan, rintihan, dan tangisan. "Suara itu berasal dari para pekerja di era penjajahan, kebanyakan pria. Mereka dibunuh lalu mayatnya dimasukkan ke kubur itu begitu saja tanpa dikubur dengan baik," pungkas Nano.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini