nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Benteng Angker Peninggalan Belanda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 23:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 612 2092471 4-benteng-angker-peninggalan-belanda-Op5TEEymoJ.JPG Benteng Belgica (Foto: Instagram )

PADA zaman penjajahan banyak benteng pertahanan yang dibuat. Hingga saat ini beberapa benteng peninggalan penjajah masih berdiri kukuh sebagai saksi bisu masa lalu.

Tak sedikit beberapa benteng tersebut meninggalkan kesan seram dan angker bagi para masyarakat yang melihatnya. Berikut Okezone rangkum benteng anker di Indonesia peninggalan Belanda.

1. Benteng Vredeburg

 Benteng Vredeburg

Benteng ini berada di Yogyakarta, didirikan pada 1765 oleh pemerintah Belanda. Benteng ini didirikan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Keunikan benteng ini adalah dikelilingi oleh parit dan memiliki menara pengawas di setiap sudutnya.

2. Benteng Otanaha

 Benteng Otahana

Berbeda dengan Benteng Vredeburg yang merupakan peninggalan Belanda, Benteng Otanaha merupakan peninggalan Portugis. Benteng bersejarah ini terletak di Gorontalo dan berada di atas perbukitan.

3. Benteng Van Der Wijck

 Benteng van der wijck

Benteng yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah ini merupakan peninggalan Hindia Belanda. Benteng ini didirikan pada abad ke-18 sebagai pusat pertahanan. Uniknya, benteng yang berwarna merah ini memiliki bentuk segi delapan.

4. Benteng Belgica

 Benteng Belgica

Benteng ini merupakan peninggalan dari masa penjajahan Portugis. Benteng unik ini berlokasi di Pulau Neira, Maluku. Benteng ini berbentuk segi lima dengan menara pengawas berbentuk anak panah di setiap sudutnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini