nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Tampil dengan Baju Adat Sasak NTB

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 11:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 194 2092686 pidato-kenegaraan-presiden-jokowi-tampil-dengan-baju-adat-sasak-ntb-t3dwNyAsvm.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone)

BUKAN rahasia lagi jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat cinta dengan warisan kebudayaan Indonesia. Dia pun kerap mengeskpresikannya lewat pakaian yang ditunjukkan dalam berbagai aktivitas resmi kesehariannya sebagai Presiden.

Contohnya pada hari ini, Jumat 16 Agustus 2019. Pagi tadi Jokowi diketahui tengah menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2019 di Gedung Nusantera, Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia.

Ada yang berbeda dalam penampilan kakek dari Jan Ethes dan Sedah Mirah satu ini. Jika biasanya Jokowi memimpin sidang dalam balutan setelan jas formal lengkap dengan kemeja putih dan dasi warna merah.

Kali ini, Jokowi terlihat Memaparkan sejumlah capaian pemerintahannya dan kesuksesan Pemilu 2019 saat sidang dengan memilih untuk mengenakan salah satu baju adat tradisional Indonesia.

okowi terlihat mengenakan busana berwarna cokelat keemasan lengkap dengan headpiece berwarna senada.

Sebagaimana hasil pantauan Okezone, Jumat (16/8/2018), Jokowi terlihat mengenakan busana berwarna cokelat keemasan lengkap dengan headpiece berwarna senada.

"Banyak yang bertanya kepada saya, ini pakaian adat mana yang saya kenakan. Ini adalah pakaian dari Sasak, Nusa Tenggara Barat," tutur Jokowi di pidato kenegaraannya.

Menariknya, di bagian dada Jokowi, bukan hanya tersemat pin bendera Merah Putih. Tetapi juga semacam kantung kain berwarna hitam kecoklatan keemasan yang tampak diisi berbagai barang.

Sekadar informasi, dalam agenda kali ini pidato kenegaraan disampaikan oleh Presiden Jokowi. Pidato kenegaraan dilaksanakan sekira pukul 08.00 WIB Kedua, pada pukul 10.05 WIB, presiden juga menyampaikan pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI pada sidang bersama DPR dan DPD.

Terakhir, pada pukul 14.00 WIB, Jokowi akan pidato dalam rangka penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019 – 2020.

Jokowi menjelang penyampaian pidato sempat memantau langsung persiapan sidang tahunan itu. Ia memastikan podium, bahkan telah mencoba microfon yang nantinya digunakannya untuk menyampaikan pidato kenegaraan.

Acara ini akan dihadiri sejumlah petinggi negara tak terkecuali para mantan presiden dan wakil presiden.

Acara ini akan dihadiri sejumlah petinggi negara tak terkecuali para mantan presiden dan wakil presiden. Di antaranya ada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Kemudian, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno, dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini