Kunci agar Medsos Memberi Dampak Positif ala Nadya Hutagalung

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 16 196 2092632 kunci-agar-medsos-memberi-dampak-positif-ala-nadya-hutagalung-dxVsOQCPxK.jpg Kunci agar medsos beri dampak positif ala Nadya Hutagalung (Foto : Tiara/Okezone)

Penggunaan media sosial di kalangan masyarakat kini sudah menjadi sesuatu yang wajar. Namun, menurut model papan atas Nadya Hutagalung, media sosial memiliki efek yang memengaruhi otak secara biologis.

Menurut Nadya Hutagalung, segala sesuatu yang dilihat di media sosial bisa menjadi adiksi layaknya seseorang yang kecanduan obat terlarang. Hal ini dikarenakan otak mengeluarkan hormon dopamin yang menyebabkan perasaan senang.

"Kalau sudah kecanduan, langsung ingin lihat yang lebih lagi jadi swipe terus, swipe terus. Kondisi ini membuat kita harus tahu apa yang terjadi. Apabila kita sudah mewaspadai efek yang menimbukan kecanduan ini, kita tahu waktu yang tepat untuk stop bermain media sosial," tutur Nadya Hutagalung sewaktu ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.

Nadya medsos

Nadya Hutagalung menuturkan, keinginan untuk terus menggulirkan saat menggunakan media sosial dapat membuat orang merasa stres. Bahkan tidak menutup kemungkinan egonya menjadi lebih tinggi dan mentalnya tidak stabil.

Kondisi itu tentu dapat berdampak buruk bagi pengguna media sosial. Oleh karenanya, Nadya mengingatkan agar setiap orang menggunakan media sosialnya untuk memberikan dampak yang positif.

Nadya Hutagalung bersinar cahaya

"Sangat penting untuk menggunakan media sosial guna memberikan dampak positif. Percuma kalau kita sudah punya platform jika hanya dipakai untuk hal-hal yang tidak penting dan negatif, meracuni pikiran orang, atau wasting time. Seharusnya media sosial dipakai untuk hal penting seperti mengedukasi orang tentang lingkungan, human conditional, humanity, hubungan sosial dengan orang lain," papar Nadya.

Di sisi lain, dirinya juga memberikan tips agar orang terhindar dari efek negatif media sosial. Caranya adalah menggunakan media sosial dengan mindfulness atau penuh kesadaran. Selain itu, bisa juga mengikuti akun-akun yang memberikan dampak positif untuk diri sendiri.

Nadya hutagalung

"Unfollow akun yang tidak positif. Apabila kita melihat seseorang mengunggah foto lalu reaksi kita menjadi iri, itu tidak positif, jadi unfollow dan mulailah bekerja dengan pikiran sendiri yang membuat senang. Selai itu, ikuti akun yang positif, yang mengedukasi tentang isu sosial, dunia, hewan atau kelas memasak, dan apapun itu yang memberi efek positif," tandas Nadya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini