nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakralnya Suasana Pengukuhan Ikrar Paskibraka Penuh Makna Bareng Presiden Jokowi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 10:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 16 612 2092622 sakralnya-suasana-pengukuhan-ikrar-paskibraka-penuh-makna-bareng-presiden-jokowi-mOSiyC5H18.jpg Pelantikan para Paskibraka. (Foto: Instagram/@Setkab)

JELANG perayaan HUT ke-74 RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Tahun ini sebanyak 68 anggota Paskibraka akan menjadi tim pengibar bendera merah putih di Istana Merdeka.

Semua anggota Paskibraka yang tergabung tersebut mewakili 34 provinsi di Indonesia. Kaum muda berjiwa Nasionalis tersebut ikut menjadi bagian dari upacara kenegaraan bersama Presiden Jokowi, untuk merayakan HUT ke-74 RI.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar di hadapan Sang Merah Putih dan Presiden RI. Seluruh calon anggota pun bersedia dikukuhkan.

Dalam acara pengukuhan tersebut, yang paling disorot publik adalah sosok perempuan berambut pendek, berhadapan dengan Presiden Jokowi. Di bagian dada kanannya, terdapat nama I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastari.

Manda, sapaan akrabnya bakal menjadi pemimpin upacara. Saat berhadapan dengan Presiden Jokowi, gadis asal Bali itu mengenakan seragam Paskibraka lengkap, dengan rok putih.

Sebelumnya diberitakan bahwa anggota Paskibraka putri akan menggunakan celana panjang saat bertugas, rupanya rencana itu diurungkan. Jadilah para Paskibraka putri itu tetap cantik mengenakan rok putih, seperti Alamanda Diastari.

Alamanda Diastari mewakili teman-temannya mengucapkan ikrar dengan suasana sakral. Saat mencium bendera merah putih, perempuan manis ini ekspresinya penuh arti.

Dia menutup mata sambil mencium Sang Saka, tampaknya mengingat kembali makna kemerdekaan Indonesia, serta berjanji setia menjaga Tanah Air. Juga saat upacara kemerdekaan nanti, dia akan bertugas sepenuh hati.

Hal itu ditandai dengan pembacaan ikrar di hadapan Presiden Jokowi, lalu disaksikan pejabat, menteri terkait, serta Iriana Jokowi.

Dikutip dari Instagram @sekretariat.kabinet, setelah pengukuhan, Presiden Jokowi memasangkan kendit sebagai simbolis kepada Alamanda Diastari. Dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari pejabat terkait serta tamu undangan yang hadir.

Diakhiri pula dengan foto bersama seluruh anggota Paskibraka 2019 dengan suasana meriah. Ditambah dengan foto selfie bareng Iriana Jokowi, Puan Maharani, serta pejabat lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini