nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Kemerdekaan RI, Rahmi Hidayati Naik ke Puncak Tugu Pakai Kebaya Merah

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 18 194 2093385 peringati-kemerdekaan-ri-rahmi-hidayati-naik-ke-puncak-tugu-pakai-kebaya-merah-myJD4En4l5.jpg Rahmi Hidayati dan teman-temannya (Foto: Ist)

Cara memeringati hari kemerdekaan bangsa Indonesia cukup beragam. Mulai dari melakukan upacara bendera, syukuran dengan doa, menyelenggarakan perlombaan, hingga mengibarkan bendera di dasar laut atau puncak gunung.

Ada pula yang melakukan kegiatan terbilang tak biasa seperti Rahmi Hidayati. Pendiri Komunitas Perempuan Berkebaya itu memilih merayakan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dengan naik ke Puncak Tugu, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah sambil mengenakan kebaya.

 Kebaya

Rahmi memang sudah beberapa kali melakukan pendakian mengenakan kebaya. Namun kali ini suasananya tentu berbeda lantaran bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan.

Kepada Okezone, Rahmi menceritakan pendakian dimulai pada pukul 07.00 pagi. Mengenakan kebaya merah yang dipadukan dengan kain batik berwarna senada, ia bersama rekannya tiba di Puncak Tugu di ketinggian 2004 mdpl pada pukul 08.00 pagi.

 Kebaya

Sesampainya di puncak, mereka istirahat sejenak sambil sarapan dan minum. Kemudian mereka langsung melakukan pengibaran bendera merah putih.

"Saya naik (ke puncak) berempat, semuanya perempuan, berkebaya dari bawah sampai puncak, lalu ke bawah lagi. Bahkan ada salah satu teman saya namanya Mpok Rini yang usianya sudah 65 tahun turut ikut serta pendakian," ujar perempuan yang akrab disapa Mimi itu saat dihubungi melalui pesan singkat.

 Kebaya

Dari foto-foto yang dibagikan kepada Okezone, terlihat para perempuan perkasa itu tidak merasa kesulitan saat naik ke puncak mengenakan kebaya.

 Kebaya

Bahkan mereka terlihat sangat menikmati perjalanan sambil sesekali mengambil foto untuk mengabadikan momen.

Keempatnya juga membawa perlengkapan yang sederhana, hanya satu buah tas ransel dan tongkat sebagai alat bantu.

 Kebaya

Rahmi menuturkan jika kegiatan bersama teman-temannya ini dimaksudkan untuk menunjukkan rasa cinta Tanah Air.

 Kebaya

"Kami berempat naik ke puncak sambil berkebaya ingin menunjukkan rasa cinta kepada bumi Indonesia yang membentang sejauh mata memandang. Apalagi dengan mengenakan busana peninggalan nenek moyang yang sarat dengan nilai-nilai bangsa," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini