nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meriahnya Pasar Rakyat Hari Kemerdekaan di Tanjung Lesung

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 12:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 18 406 2093427 meriahnya-pasar-rakyat-hari-kemerdekaan-di-tanjung-lesung-7NlWabJbtI.jpg Pasar Rakyat di Tanjung Lesung (Foto: Tiara Putri/Okezone)

Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia sering kali dirayakan secara meriah di sejumlah daerah. Entah itu perlombaan antar kampung maupun pesta rakyat.

Sama halnya dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Pada Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, kawasan tersebut menggelar pasar rakyat bertema Pasar Kalitjaa.

 HUT RI

Berlokasi di Kalicaa Beachfront Park, pasar tersebut digelar pada Jumat-Sabtu, 16-18 Agustus 2019. Okezone bersama rekan media lain berkesempatan untuk mengunjungi pasar tersebut.

Berdasarkan pantauan, Pasar Kalitjaa merupakan pasar kuliner yang menyajikan ragam kuliner khas Pandeglang yang jarang ditemui. Ada pula stand-stand yang menjual oleh-oleh kerajinan tangan khas Banten. Acara ini juga melibatkan masyarakat Suku Badui Luar.

 Pasar Rakyat

Pada acara pembukaan, tepatnya pada Jumat (16/8/2019) malam, diadakan pemotongan tumpeng. Lalu acara dilanjutkan dengan makan malam khas Sunda yaitu bancakan.

Setelah makan malam selesai, penonton dihibur oleh pertunjukan Angklung Buhun yang dipersembahkan oleh masyarakat Badui berkolaborasi dengan Patriot Bambu dan Akustik Senandung Nusantara.

 Pasar Rakyat

Keesokan harinya, pada pagi hari digelar upacara pengibaran bendera di darat, laut, dan udara. Setelah selesai, masyarakat dan peserta yang hadir bisa langsung mencicipi ragam jajanan.

 Pasar Rakyat

Di sana ada nasi gonjleng, jojorong, otak-otak Pandeglang, kerang lamis, urab dan gado-gado Pandeglang, pais burih, salad dan telur asin Panimbang, nasi timbel dan rangginang Cikadu, keripik sampeuk, wajik mayit, keripik bonggol pisang, madu odeng, abon ikan tuna, serta kopi tumbuk gula aren.

Ada pula ragam kerajinan tangan seperti tas, gantungan kunci, topi, gelas, kain batik, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi masyarakat yang hadir apabila hendak membeli makanan dan cinderamata menggunakan koin bambu. Meskipun masih bisa menggunakan uang tunai.

 Pasar Rakyat

Selain menyuguhkan ragam kuliner dan cinderamata, Pasar Kalitjaa juga dimeriahkan acara lain. Ada perlombaan tarik tambang dan panjat pinang untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Komunitas Badui juga kembali mempersembahkan pertunjukkan seni.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini