nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Disangka, Seragam Militer Negara-Negara Eropa Ini Ternyata Buatan Solo

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 00:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 194 2093602 tak-disangka-seragam-militer-negara-negara-eropa-ini-ternyata-buatan-solo-NVKYLdPJvP.jpg Seragam Militer Negara Eropa Buatan Solo (Foto: Pradita/Okezone)

INDUSTRI dunia fesyen dan retail Indonesia memang masih tertinggal dibandingkan negara-negara di Eropa dan Amerika sebagai pusat mode dunia. Tapi jangan salah, bukan berarti karya asli anak bangsa kita bisa dianggap sepele. Tahukah Anda ternyata seragam militer dari beberapa negara maju di Eropa adalah karya anak bangsa, tepatnya asli dari Solo loh!

Hal ini terungkap dari hasil pantauan langsung Okezone, Jumat 16 Agustus 2019 saat sesi factory visit PT Sritex Tbk di Solo. Perusahaan tekstil yang sudah berusia 53 tahun ini ternyata produsen seragam militer beberapa Negara.

Seragam militer negara Eropa

Sebut saja mulai dari pasukan Angkatan Khusus Udara Malaysia, hingga pasukan militer negara-negara yang tergabung dalam NATO (North Atlantic Treaty Organization) seperti Jerman, Norwegia, Inggris, hingga Swiss.

Masing-masing seragam militer untuk setiap negara pun dibuat tidak sembarangan, tapi menggunakan material bahan khusus sesuai dengan kebutuhan.

Seragam militer buatan Solo diimpor

Contohnya untuk seragam militer “Battle Dress Uniform” Malaysian AirForce yang hadir dengan tampilan warna biru dan abu-abu dibuat menggunakan material 50 persen katun dan 50 persen polyester. Bahan yang sama juga digunakan untuk ‘Battle Dress Uniform” Malaysia Royal Navy dan “Battle Dress Uniform” militer tentara Jerman.

Sementara itu, khusus untuk seragam militer negara-negara anggota NATO yakni Jerman, Norwegia, hingga Swiss, dibuat sedemikian spesial sehingga menghasilkan setelan seragam anti-radiasi nuklir, anti-serangga, hingga anti-api.

Komponen ini sangat penting untuk menunjang aktivitas berat dan penuh risiko dari pasukan militer.

Seragam militer Indonesia yang mendunia

Tengok saja seperti seragam militer untuk pasukan CBRN (Chemical Biological Radiological Nuclear), yang selain dirancang menggunakan kombinasi material bahan katun dan polyester juga menggunakan material bahan karbon aktif loh!

Sedangkan untuk pasukan khusus pemadam kebakaran, kombinasi tiga bahan khusus yang diaplikasikan.

Yakni nomex, gore tax airlock dan polybenzimidazole (PBI), sehingga menghasilkan seragam anti-api yang mampu menjadi perlindungan maksimal para petugas pemadam kebakaran.

seragam militer berkualitas

Wah, kita patut berbangga ya! Ternyata selama ini hasil karya asli anak bangsa telah berhasil unjuk gigi dan diakui kualitasnya di kancah pasar internasional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini