nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Efek Jika Nekat Memakai Makeup saat Olahraga

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 481 2093725 inilah-efek-jika-nekat-memakai-makeup-saat-olahraga-w5boXjDzzL.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Beberapa wanita ada yang merasa kurang percaya diri jika harus keluar rumah tanpa mengenakan makeup. Bahkan mungkin ada yang sampai pergi ke gym atau melakukan kegiatan olahraga lain tetap memakai makeup.

Tidak menutup kemungkinan mereka yang masih mengenakan makeup ketika berolahraga mendapat komentar sinis dari orang lain yang membuat tidak nyaman.

Tapi sebenarnya, masalah yang menanti lebih dari itu. Tetap mengenakan makeup saat berolahraga dapat membawa masalah bagi kesehatan kulit.

 Perempuan olahraga

Menurut spesialis kulit di Inggris, Patricia Boland, olahraga dapat menyebabkan keringat termasuk di wajah. Memadukan keringat dengan makeup adalah kombinasi yang buruk karena dapat merusak pori-pori dan menyebabkan berjerawat.

"Ketika tubuh aktif, sirkulasi darah meningkat sehingga mengubah minyak menjadi keringat. Kondisi ini dapat membuat kulit menjadi berjerawat meskipun mungkin tidak setiap saat makeup digunakan saat olahraga," jelas Patricia seperti yang Okezone kutip dari Metro, Senin (19/8/2019).

Bahkan, riasan mata seperti eyeliner dan maskara, meskipun kecil kemungkinannya dapat menyebabkan masalah kulit tetap memiliki potensi.

Sebab bisa jadi riasan mata saat terkena keringat airnya akan mengalir ke bagian bawah mata yang sensitif. Efek merusak dari makeup ketika tetap digunakan saat olahraga tergantung dari produk dan intensitasnya.

"Panas dan kelembapan yang melekat pada keringat dapat memicu timbulnya jerawat. Begitu juga saat wajah banyak berkeringat. Rata-rata orang menghilangkan jerawat di wajah dengan cara mengelap menggunakan tangan atau handuk. Padahal gesekan pada kulit dapat memicu acne mechania yang meningkatkan jerawat," terang Patricia.

 Perempuan memegang jerawat

Di sisi lain, bagi wanita yang merasa tetap harus perlu mengenakan makeup ketika olahraga, Patricia memiliki beberapa tips. Pertama, pilihlah maskara dan eyeliner yang tahan air sehingga tidak terpengaruh oleh keringat.

Kedua, pilihlah foundation ringan yang bebas minyak, non-komedogenik, atau menganduny berwarna.

"Gel alis sangat bagus untuk menjaga alis tetap rapi dan bentuknya bagus. Jika membutuhkan sedikit warna di bibir, maka cobalah lip balm berwarna untuk melembapkan bibir sambil membuatnya terlihat berwarna-warni. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, hanya perlu diatur dan pastikan memiliki produk yang tepat," ujar Patricia.

Sementara itu, ahli kecantikan wajah, berbagi tips untuk merawat kulit saat berolahraga. Pertama bersihkan kulit sebelum latihan dengan penghapus ringan atau Micellar Water dan cotton pad.

Kedua, oleskan serum antioksidan yang menghidrasi setelah membersihkan kulit. Fungsinya untuk memastikan kulit tetap terhidrasi dan terlindungi.

Ketiga, terapkan tabir surya jika berolahraga di luar. Terakhir bersihkan kulit segera setelah latihan untuk menghindari keringat dan bakteri menempel pada kulit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini