nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Fatal Perempuan dalam Menggunakan Skincare

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 21:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 19 611 2094027 4-kesalahan-fatal-perempuan-dalam-menggunakan-skincare-S9hXcZ41Ox.jpg Kesalahan fatal perempuan memilih skincare (Foto: Gettyimages)

SETIAP perempuan pasti ingin tampil cantik di mana saja. Tapi banyak hal yang harus dilakukan agar ingin punya wajah cerah dan bersinar. Anda tentu harus rajin merawat kulit setiap hari. Tak hanya dibantu dengan dokter kulit, tapi Anda harus tepat memilih skincare.

Sayangnya, dalam merawat kulit wajah banyak terjadi salah kaprah. Terutama dalam memilih produk skincare yang banyak dijual di pasaran.

Salah satu hal yang terpenting adalah, Anda harus tepat memilih skin care sesuai dengan kondisi kulit. Sebab, semahal apapun produknya, kalau tidak cocok dengan jenis kulit, pasti tidak akan bermanfaat.

Menggunakan skincare

Bahkan, sesuai dengan survei yang diadakan oleh Sigma Research di tahun 2017 pada 1,200 responden, 41,8% responden menyebutkan, salah satu definisi cantik menurut wanita Indonesia adalah kulit yang bersih, cerah dan bercahaya.

Head of Business Development ERHA TruWhite dr Norita Sembada mengatakan, kalau salah memilih skin care, bukannya kulit jadi cerah dan sehat, tapi malah terganggu. Hal ini sering ditemui di kalangan perempuan Indonesia, khususnya bagi pemula.

"Kalau mengikuti tren produk kecantikan tanpa memahami kandungan di balik produknya, pasti akan menyebabkan masalah kulit. Dalam memilih skincare haruslah sesuai dengan jenis kulit atau tidak, akan menyebabkan masalah kulit," ucap dr Norita di Jakarta, baru-baru ini.

dr Norita pun membeberkan beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat merawat wajah. Apa saja sih, Ladies?

1. Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Kesalahan ini sering dilakukan oleh kaum hawa ketika merawat kulit. Padahal dampaknya bisa terjadi breakouts atau beruntusan, terutama pada jenis kulit yang sensitif.

2. Gemar gonta-ganti skincare

Tahukah Anda, sering mengganti produk perawatan, membuat wajah bekerja dua kali dalam beradaptasi dengan produk baru. Padahal setiap produk, punya takaran waktu yang berbeda-beda dalam memberikan hasil untuk wajah.

Eksfoliasi wajah

3. Sering lupakan eksfoliasi

Tahap eksfoliasi sebenarnya berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, yang dapat menggantikan dengan sel kulit baru. Eksfoliasi ini penting terutama untuk kulit yang memiliki bekas jerawat, komedo ataupun memiliki jenis kulit yang kusam.

4. Tidak pakai sunblock

Dalam memulai pakai makeup, banyak perempuan yang tidak pakai sunblock. Padahal sunblock menjadi salah satu produk yang sangat penting, dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan debu. Tapi sebelum pakai sunblock, Anda harus memahami jenis kulit dan kandungan pada produk perawatan, yang akan menentukan kualitas kulit.

Sementara itu, Beauty Blogger Tasya Farasya menanggapi kebiasaan perempuan yang suka salah kaprah dalam merawat kulit. Menurutnya, saat ini banyak perempuan sembarangan memilih produk skin care, tapi tidak memperhatikan kandungannya.

Tasya Farasya

"Menemukan produk skincare yang tepat untuk kulit memang tidak gampang. Kalau aku harus coba beberapa kali produknya, kalau cocok, ingat dan pakai lagi," kata Tasya.

Dia menambahkan, agar hasilnya cantik maksimal, paling tidak Anda harus rutin memakai satu produk skin care selama satu bulan. Sejatinya saat memakai satu produk skin care, memang efeknya tidak langsung terlihat, sebelum minimal satu bulan pemakaian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini