nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Dampak Buruk yang Bakal Terjadi Jika Terlalu Sering Kritik Pasangan

Rissa Hasna Refira, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 07:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 20 196 2094362 4-dampak-buruk-yang-bakal-terjadi-jika-terlalu-sering-kritik-pasangan-MFSPyEhRkv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Menghakimi seseorang atau memberikan komentar kepada mereka karena Anda tidak menyetujui perilaku tertentu bukanlah suatu hal yang dapat dimaklumi. Begitu juga dengan suatu hubungan, perdebatan karena kritik dan komentar sering pula terjadi.

Tidak ada salahnya untuk menegur kesalahan pada pasangan kita. Tetapi, akibat yang ditimbulkan karena kebiasaan ini lebih berdampak negatif dalam suatu hubungan.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (21/8/2019), kebiasaan mengkritik merupakan tindakan mengkritik seseorang terlalu sering. Dalam suatu hubungan, ketika hal ini cukup sering dilakukan oleh suatu pasangan bisa dipastikan hubungan mereka sedang berada di ujung tanduk.

John Gottam, peneliti asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa, "kritik adalah penyebab terbesar perceraian dan juga dapat memengaruhi pasangan yang belum menikah".

Berikut dampak yang ditimbulkan jika mengkritik pasangan terlalu sering:

 Laki-laki dan perempuan duduk di sofa

1. Mengurangi rasa percaya

Kritik yang terlalu berlebihan dapat membuat pasangan Anda tidak mempercayai mereka. Menurut psikolog Steven Stosny, "terlalu sering kritik terasa seperti pengkhianatan". Intinya, suatu hubungan dapat terjalin dengan baik apabila dilandasi kepercayaan.

2. Dapat merusak harga diri pasangan

Ketika Anda terlalu sering mengkritik ataupun berkomentar terhadap pasangan, secara tidak langsung Anda juga menyerang pasanganmu. Ini dapat berakibat buruk sehingga mungkin mereka bisa menjadi pribadi yang keras kepala.

3. Menghancurkan keharmonisan

Pernahkah Anda merasa jauh dari pasangan? Mungkin karena Anda terlalu sering mengkritik mereka. Hati-hati juga bahwa kritikanmu dapat menimbulkan gangguan emosional dari pasangan.

4. Secara tidak langsung meremehkan pasanganmu

Kritik yang Anda sampaikan terkadang bisa menyebabkan argumen hebat dengan pasangan. Bukan hanya berakhir berdebat tetapi juga bisa menimbulkan kekecewaan antara kedua belah pihak. Kurang-kurangi mengkritik ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini