nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menikmati Teh dengan Makanan Pendampingnya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 00:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 298 2094072 cara-menikmati-teh-dengan-makanan-pendampingnya-zLwJksoquv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Teh adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar di dunia. Masyarakat China, Jepang, hingga Inggris begitu mengagungkan teh sehingga memiliki tradisi khusus untuk meminumnya.

Di Inggris, minum teh biasanya dilakukan pada jam-jam tertentu, salah satunya adalah afternoon tea yang dilakukan pada jam 3 hingga 5 sore. Teh akan didampingi dengan kudapan seperti sandwich. Sedangkan di Jepang, upacara minum teh juga dilakukan untuk menyambut tamu.

Tidak berbeda dengan di Indonesia, teh juga menjadi minuman yang biasa disuguhkan untuk tamu. Karena banyaknya masyarakat yang mengonsumsi teh, kini mudah ditemukan minuman-minuman dengan bahan dasar teh yang disajikan berbeda dari teh yang kita kenal dulu.

 Minuman di gelas

Bahkan banyak yang meminumnya kapan saja seperti ketika haus atau sehabis makan.

"Teh semenstinya dinikmati pada pagi, siang, dan sore hati. Tapi saat ini orang cenderung meminum apa yang ada, seperti teh manis dan es teh. Padahal ada lebih banyak dari itu," ujar Eliawati Erly, Vice President Director PT David Roy Indonesia dalam acara Tea Inspiration for the 21st Century di Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.

Cara menentukan makanan pendamping yang pas

Tidak ada batasan kapan seseorang harus minum teh. Namun ada baiknya Anda mengetahui beberapa trik untuk menikmati teh dengan pengalaman yang baru. Salah satunya adalah dengan menentukan makanan pendamping yang pas untuk minum teh.

 Makanan manis

Tingkat rasa dan aroma teh berbeda-beda, ada yang ringan, sedang, hingga strong. Untuk menikmati teh dengan rasa dan aroma yang ringan seperti white tea, oolong tea, dan green tea, bisa dipadukan dengan kudapan yang memiliki rasa kuat.

"Teh chamomile punya taste yang tidak terlalu kuat, maka cocok dipadukan dengan makanan yang rasanya strong," kata Pastry Chef Pullman Thamrin, Feri Sulfian.

Sebaliknya, jika Anda ingin menikmati teh dengan rasa strong, pilihlah kudapan yang memiliki rasa lebih lembut. Menurut Chef Feri, hal ini agar tidak menyebabkan "tabrakan" antara rasa teh dan makanan yang sama-sama kuat.

 Makanan manis

Punya manfaat kesehatan

Selain memiliki aroma dan rasa yang unik, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Dilhan C. Fernando, pakar teh sekaligus Founder & CEO Dilmah yang telah bertahun-tahun bekerja di industri teh.

"Kami mencoba memperluas wawasan masyarakat bahwa ada teh yang dapat memberi manfaat pada tubuh jika dinikmati dengan hidangan tertentu. Teh bisa membantu mengontrol kadar gula pada dessert. Teh juga bisa melindungi tubuh dari stroke, kanker, hingga serangan jantung," ujar Dilhan.

Pengalaman menyajikan teh di abad ke-21

Dilhan percaya ke manapun orang pergi akan selalu menemukan teh dengan karakteristik dan varian yang berbeda. Kini banyak orang yang mencari pengalaman baru saat minum teh. Termasuk mencampurkan tradisi dan budaya sehingga tercipta pengalaman minum teh yang berbeda dari biasanya.

 Orang menuangkan minuman

"Bagi generasi sekarang, peminum teh ingin merasakan hal yang baru. Di Indonesia banyak menyediakan hal itu, tradisi dan pengalaman baru," lanjut Dilhan.

Ia menyebut teh merupakan ramuan yang dapat disajikan melalui tujuh dimensi, yaitu budaya, personal, kuliner, mixology, sustainability, teh, dan harmoni. Ini pula yang menjadi unsur penting dalam kompetisi meracik high tea yang melibatkan Dilhan C. Fernando, Peter Kuruvita, Chandra Yudasswara, dan Tomek Malek sebagai juri.

 Minuman di gelas

Ketika seseorang mampu mengimplementasikan dimensi teh, maka dapat menciptakan pengalaman baru dan mengubah cara orang lain dalam menikmati secangkir teh.

"Memprioritaskan dimensi teh begitu penting agar pemilihan dan penyajiannya dilakukan dengan memerhatikan karakter masing-masing sehubungan dengan tampilan, aroma, rasa, dan tekstur," pungkas Dilhan.

1
3

Berita Terkait

Teh

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini