nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Alpukat Panjang, Dijual Rp670 Ribu per Buah!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 298 2094364 heboh-alpukat-panjang-dijual-rp670-ribu-per-buah-IyQRG4PVDb.jpg Alpukat panjang (Foto : Foxnews)

Para petani alpukat di Florida Selatan tengah menjadi sorotan publik setelah berhasil menciptakan varietas terbaru buah alpukat. Alpukat hasil kreasi mereka ini memang terbilang unik dan berbeda dengan buah alpukat pada umumnya.

Dilansir Okezone dari Foxnews, Selasa (20/8/2019), alpukat yang diberi julukan "long neck avocados" itu memiliki bentuk yang cukup panjang dengan berat mencapai 1,3 kg per buah. Kendati demikian, harganya memang cenderung lebih mahal yakni berkisar, Rp670 ribu per buah tergantung beratnya.

Sebelumnya, varietas berukuran besar juga sempat menghebohkan para pencinta kuliner dunia. Menurut sejarah, pohon alpukat Pura Vida memang telah lama dikembangkan oleh para petani lokal. Namun, popularitas buah ini semakin dikenal luas setelah Miami Fruit Fram mengunggah foto buah tersebut di Instagram.

Alpukat Panjang

Salah satu pendiri Miami Fruit, Edelle Schlegel menyebut bahwa cita rasa buah ini cenderung lebih gurih dan ada sedikit sensasi rasa manis dengan tekstur yang lembut. Schlegel juga menyebutkan varietas alpukat ‘long neck’ hanya dijual dalam jumlah terbatas dan biasanya terjual dengan cepat.

Dari segi harga, alpukat Pura Vida djual dalam kemasan kotak-kotak kecil (satuan) seharga Rp670 ribu untuk buah dengan berat 1,3 kg – 2,7 kg, atau dijual borongan seharga Rp2,8 juta dengan total berat mencapai 20 kg.

Nah, bagi Anda yang sangat menyukai alpukat, Okezone juga telah merangkum 5 fakta menarik alpukat yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasan lengkapnya :

Alpukat termasuk dalam kategori buah-buahan

Meski sering digunakan sebagai campuran salad dan olahan makanan berbahan dasar sayuran, alpukat ternyata masuk dalam kategori buah-buahan. Secara spesifik, alpukat merupakan jenis beri berbiji tunggal.

Dipanen menggunakan tangan

Untuk memanen alpukat, para petani tidak menggunakan alat khusus. Mereka anya menggunakan tangga dan tangan mereka. Alpukat harus dipetik menggunakan tangan agar teksturnya tetap terjaga dengan baik. Sehingga tidak mengherankan jika harga jual buah ini relatif lebih mahal dibandingkan buah-buahan pada umumnya.

Alpukat besar

Biji alpukat sebagai pengganti tinta

Para penjelajah dari Spanyol atau dikenal dengan sebutan conquistador, menggunakan biji alpukat untuk dijadikan tinta pewarna. Tinta tersebut biasanya digunakan untuk menulis surat, atau sebagai warna tekstil. Hingga saat ini, masyarakat Kolombia masih menggunakan tinta alpukat untuk mewarnai produk tekstil mereka.

Varian alpukat

Ada beragam varian alpukat yang tersebar di berbagai negara di dunia. Untuk membedakannya Anda dapat melihat dari tekstur dan bentuk kulitnya. Masing-masing alpukat juga memiliki cita rasa yang berbeda. Varian alpukat yang paling populer di Indonesia sendiri adalah alpukat mentega. Kelebihannya terletak pada tekstur daging yang lembut, padat, tebal, kering dan tanpa serat.

Alpukat mantap

Sangat mudah dibudidayakan

Dibandingkan jenis buah-buahan lainnya, alpukat ternyata sangat mudah untuk dibudidayakan. Yang perlu Anda lakukan cukup tusukkan beberapa tusuk gigi, kemudian letakkan di atas gelas berisi air, lalu simpan di tempat yang sejuk yang tidak terkena sinar matahari langsung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini