nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cuma Sehat, Jus Kimchi Ampuh Mencegah Kebotakan Rambut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 22:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 20 611 2094470 tak-cuma-sehat-jus-kimchi-ampuh-mencegah-kebotakan-rambut-12OD65XFIE.jpg Jus Kimchi ampuh atasi kerontokan rambut (Foto: Goodhousekeeping)

BAGI Anda pencinta Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan kimchi. Sebagaimana diketahui, Kimchi adalah hidangan tradisional Korea berupa sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Makanan ini menjadi andalan masyarakat Korea karena rasa dan bumbunya yang unik.

Namun, sebenarnya kimchi bukan hanya sekadar makanan. Sebuah studi baru di Korea Selatan mengatakan bahwa makanan yang terbuat dari sayuran ini memiliki pengaruh terhadap rambut yang mulai menipis.

Kimchi

Konon katanya, hidangan ini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan kerontokan rambut. Hal ini disampaikan oleh Ilmuwan Korea Selatan di Universitas Dankook.

Ia menemukan bahwa minuman kimchi lokal di Korea Selatan telah membantu menebalkan rambut para peserta penelitiannya.

Lebih mujarabnya lagi, rambut baru yang dimiliki para peserta penelitian tersebut dapat tumbuh dalam tempo beberapa minggu saja.

Sebagaimana dilansir VT, Selasa (20/8/2019), dalam studi tersebut 23 pria dalam berbagai tahap rambut rontok diinstruksikan untuk meminum air kimchi sebelum sarapan dan tidur. Hal ini harus mereka lakukan secara terus menerus selama empat bulan.

jus kimchi

Terbukti dari hasil penelitian tersebut jumlah rata-rata rambut koresponden telah meningkat dari 85 per sentimeter persegi kulit kepala menjadi 90 pada bulan pertama. Setelah empat bulan mengonsumsi cairan kimchi makan pertumbuhan rambut meningkat menjadi 92 rambut per sentimeter persegi.

Menurut para ilmuwan, pertumbuhan tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Terbukti bahwa kimchi dapat membalikkan kerontokan rambut yang dialami oleh sebagian besar pria. Meski demikian, World Journal of Men’s Health mengatakan terdapat dampak negatif dari penggunaan cairan kimchi.

“Obat saat ini dapat memiliki efek buruk sehingga penggunaannya biasanya sementara. Kami menemukan kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membalikkan kebotakan. Ini adalah strategi perawatan yang lebih aman bagi pasien,” terang sejumlah peneliti.

Sebagaimana diketahui, kimchi telah menjadi makanan pokok orang Korea. Mereka telah sadar akan kesehatan dan kualitas prebiotik yang terkandung dalam makanan ini. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kimchi dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu mengurangi kecemasan pada kaum muda.

Pada 2017, para peneliti di Korea Selatan juga mengklaim telah menemukan obat untuk mencegah kebotakan. Mereka menggunakan obat potensial yang menargetkan protein yang menghambat pertumbuhan folikel rambut.

1
3

Berita Terkait

Kimchi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini