Pertama Kalinya, Macan Tutul Stoberi Tertangkap Kamera di Alam Liar

Brilyana Dwi Indriani, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 20 612 2094314 pertama-kalinya-macan-tutul-stoberi-tertangkap-kamera-di-alam-liar-PnEicnTY1d.jpg Macan tutul stroberi tertangkap kamera di alam liar (Foto: Thesun)

MACAN tutul stoberi merupakan jenis hewan langka yang memiliki corak merah seperti stoberi yang dilindungi. Hewan yang masih satu keluarga dengan macan tutul biasa ini pada umumnya ini memiliki warna kuning atau kecoklatan dan memiliki bintik pada tubuhnya.

Macan tutul sendiri memiliki beberapa jenis ada macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas) disebut juga dengan macan kumbang hanya dapat ditemukan di pulau Jawa memiliki 2 jenis warna terang dan dan berwarna hitam. 

macan tutul stroberi

Kemudian macan tutul India (Panthera Pardus Fusca) disebut disebut juga dengan Indian Leopard yang termasuk dalam 5 spesies kucing terbesar di India, Macan Tutul Afrika (Panthera Pardus Pardus) jenis macan tutul yang memiliki banyak varian corak warna bulu mulai dari kuning pucat, kucing keemasan, hingga kucing kecokelatan.

Lalu macan tutul Arab (Panthera Pardus Nimr) merupakan macan tutul yang berukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis-jenis macan tutul lainnya, macan tutul Amur (Panthera Pardus Orientalis) memiliki pola bulu yang terbilang cukup mencolok dibandingkan spesies macan tutul lain dan masih banyak lagi jenis macan tutul di dunia.

macan tutul stroberi

Melihat banyaknya jenis macan tutul di dunia, macan tutul stoberi ini merupakan macan tutul yang biasanya ditemui di negara Afrika. Macan tutul stoberi sebenarnya hanya mengalami erythrism. Erythrism didefinisikan sebagai kelainan berupa produksi pigmen merah berlebihan dan produksi pigmen hitam yang minim.

Belum lama ini seseorang telah menemukan macan tutul stoberi, yaitu Alan Watson dan istrinya Lynsey yang berkebangsaan Irlandia, mendapatkan foto spesies terlangka ini setelah mereka memasang kamera di sebelah jerapah yang mati karena badai.

Alan Watson

Alan Watson menemukan macan tutul yang bercorak langka ini di Cagar Alam Liar Thaba Tholo, Afrika Selatan. Alan Waston merupakan pemilik Black Leopard Mountain Lodge, yang telah ia juluki dengan macan tutul "Goldie" dia berharap lebih banyak spesies langka akan lahir di tahun-tahun mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini