nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Milenial Suka Nonton di Bioskop Sendirian, Psikolog: Bersihkan Pikiran dan Obati Depresi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 15:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 196 2094718 milenial-suka-nonton-di-bioskop-sendirian-psikolog-bersihkan-pikiran-dan-obati-depresi-uJNHOamMCT.jpg Ilustrasi (Foto: Colourbox)

Jika Anda menganggap nonton film lebih menarik bersama dengan teman-teman atau pasangan, maka pembahasan ini bisa jadi bacaan yang menarik. Sebab, menonton film sendirian di  bioskop ternyata membawa manfaat yang baik.

Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan nonton film sendirian ini semakin banyak disukai kaum milenial. Beberapa dari mereka menjelaskan, nonton film di bioskop sendirian itu lebih syahdu dan lebih menyenangkan karena Anda fokus dengan film yang memang jadi pilihan Anda sendiri.

Ada juga yang berpendapat kalau nonton sendirian di bioskop itu berkaitan dengan 'me time' yang memang dibutuhkan setiap orang. Terlebih jika rutinitas harian Anda teramat sibuk dan lupa dengan kebahagiaan diri sendiri.

Mengulik kebiasaan milenial ini, Okezone coba berdiskusi dengan Psikolog Meity Arianty. Mei mencoba menjelaskan dalam perspektif lain bagaimana kebiasaan unik ini ternyata membawa dampak positif ke diri Anda.

 Perempuan di bioskop

Dalam paparannya, psikolog yang biasa disapa Mei itu menuturkan, sebenarnya ada banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih nonton film di bioskop sendirian dibanding berdua atau bersama-sama.

Psikolog Mei berpandangan, nonton sendirian bisa membuat Anda lebih bebas memilih film, waktu, bahkan tempat duduk yang diinginkan tanpa perlu berdiskusi dengan orang lain sebelumnya.

Lalu, nonton sendirian juga membuat Anda merasa lebih fokus, karena tidak perlu ngobrol atau sekadar bertanya dengan teman yang kadang-kadang juga mungkin bisa spoiler karena dia sudah pernah lihat trailer atau sinopsisnya.

Selain itu, nonton sendirian di bioskop juga membuat Anda punya waktu sendiri dan lebih bebas sendirian tanpa terganggu orang lain. Dan banyak alasan lain yang sifatnya jadi subjektif, karena setiap orang tentu punya alasannya masing-masing.

Psikolog Mei melanjutkan, bahkan pernah ada studi yang dilakukan oleh Journal of Consumer Research, di mana studi itu menyebutkan, menyaksikan film di bioskop sendirian dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

 Penonton film

"Ini berkaitan dengan kondisi Anda sendirian menikmati apa yang memang Anda inginkan. Karena orang yang menonton sendirian biasanya memiliki perasaan puas dan senang sehingga secara psikologis memiliki dampak positif bagi psikologis yg bersangkutan," ungkapnya pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (21/8/2019).

Psikolog Mei melanjutkan, kondisi tersebut bisa terjadi karena dengan nonton sendirian di bioskop dapat membantu membersihkan pikiran dan menjauhkan diri dari Anda depresi.

Hal ini bisa cocok bagi sebagian orang, walau tidak bisa dipungkiri, ada sebagian kelompok orang yang justru lebih nyaman dan berbahagia jika menonton bersama orang lain. Ini pun tak salah, yang penting tujuan berbahagia itu bisa didapatkan, meski caranya berbeda.

Psikolog Mei berpendapat, beberapa orang bahkan merasa menonton di bioskop sendirian ibarat Anda memiliki 'ruang aman' di mana Anda dapat mendapatkan pengalaman film yang diekspresikan oleh si pembuat film atau si seniman.

"Sebab, banyak juga film yang biasanya mewakili pengalaman pribadi kita sehingga terkadang kita merasa butuh tempat atau ruang sendiri di mana kita merasa dapat menikmati film atau kisah yang ada di film itu sendirian," tambahnya.

So, Anda termasuk #TeamNontonSendirian atau #TeamNontonHarusBarengTeman ?

1
3

Berita Terkait

Bioskop

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini