nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlibur ke Pantai Sardinia, Pasangan Ini Malah Terancam 6 Tahun Penjara

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 09:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 21 406 2094619 berlibur-ke-pantai-sardinia-pasangan-ini-malah-terancam-6-tahun-penjara-xxaFZfXyMP.jpg Pantai di kawasan Sardinia (Foto: Brides)

Pantai adalah salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi saat pergi liburan. Entah itu ke destinasi wisata dalam negeri maupun luar negeri.

Saat berkunjung ke pantai, biasanya ada saja pengunjung yang mengumpulkan pasir dan membawanya pulang. Tapi hal ini tidak boleh dilakukan di pantai kawasan Sardinia, Laut Tengah.

 Botol berisi pasir

Baru-baru ini, pasangan asal Prancis yang berlibur ke pantai di kawasan Sardinia terancam hukuman enam tahun penjara. Penyebabnya lantaran mereka membawa pulang 40kg pasir putih di pantai tersebut.

Padahal niat awal mereka membawa pulang pasir dan menyimpannya di mobil hanya ingin dijadikan suvenir. Pasangan itu tidak menyadari jika telah melakukan pelanggaran.

Melansir BBC, ternyata pasir putih Sardinia dianggap sebagai aset umum dan dilarang keras untuk mengambilnya dari pulau. Terlebih selama bertahun-tahun, warga di sekitar pantai mengeluh tentang pencurian aset alam termasuk pasir.

Akhirnya pada tahun 2017, pemerintah setempat membuat undang-undang yang mengatur hal tersebut.

Isi aturan undang-undang adalah perdagangan pasir, kerikil, dan kerang di Pantai Sardinia termasuk kegiatan ilegal. Apabila ada yang kedapatan melakukannya, maka bisa dihukum dengan denda hingga € 3.000 atau setara dengan Rp447,4 juta. Namun hukuman berbeda tampaknya akan dialami oleh pasangan tersebut.

Menurut informasi, polisi menemukan sebanyak 14 botol plastik yang berisi pasir. Pasir diambil oleh pasangan tersebut di pantai Chia, Sardinia selatan.

Pasir kemudian dimasukkan ke bagasi sebuah mobil SUV milik pasangan itu. Pengambilan pasir itu terungkap saat pasangan hendak naik kapal feri di Porto Torres menuju ke Toulon, Prancis.

Di sisi lain, pihak berwenang khawatir karena beberapa ton pasir yang dianggap berharga di Sardinia hilang setiap tahun. Padahal pantai berpasir adalah salah satu atraksi utama di sana.

Kehilangan pasir bisa terjadi karena dua ancaman. Pertama, erosi akibat kenaikan permukaan laut. Kedua, pencurian pasir oleh wisatawan. Oleh karenanya tak heran jika dilakukan pengawasan ketat terhadap jumlah pasir di Sardinia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini