nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Sebelum Traveling ala Travel Blogger Asoka Remadja

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 21 406 2094979 tips-jaga-kesehatan-tubuh-sebelum-traveling-ala-travel-blogger-asoka-remadja-9CARpq09L4.jpg Travel Blogger Asoka Remadja (Foto : Dimas/Okezone)

Selain akomodasi, tiket pesawat, dan uang, kesehatan adalah modal utama bagi para travelers yang hendak traveling ke luar negeri maupun domestik. Aktivitas outdoor seperti sightseeing, berenang, atau mendaki gunung tentu membutuhkan tenaga yang memumpuni.

Bila tidak bisa mengatur dan menjaga kesehatan, momen traveling atau liburan yang sudah dimimpikan hanya tinggal kenangan. Travel Blogger Asoka Remadja Sungkharisma membagikan sejumlah tips ampuh menjaga kesehatan menjelang atau saat sedang traveling.

Asoka jempol

Selain traveling, menurut pria yang hobi memakai kain tradisional ini, kunci utama untuk membuat tubuh sehat dan prima adalah menerapkan pola hidup yang seimbang. "Dari SMA saya concern dengan hal-hal berbau kesehatan. Saya terakhir makan obat kelas 3 smp obat gigi. Bahkan, sudah hampir 4 tahun enggak pernah batuk atau pilek. Kuncinya adalah seimbang. Pola makan, tidur, olahraga harus seimbang semua," kata Asoka saat ditemui Okezone, di bilangan Jakarta Selatan, Rabu 21 Agustus 2019.

Lebih lanjut, Soka menjelaskan, maksud dari kata seimbang di sini adalah menyesuaikan setiap porsi makan, tidur dan olahraga yang dilakukan. Misalnya, saat Soka terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berkalori tinggi, keessokan harinya ia selalu menambah porsi olahraga menjadi lebih lama.

Untuk keperluan Travelling, Soka mengaku olahraga kardio seperti jogging dan berenang merupakan olahraga paling efektif dalam menjaga stamina tubuh agar tetap optimal. Kebetulan ia memiliki hobi free diving yang membutuhkan banyak stamina untuk mengatur pernapasan di dalam air.

Asoka kain

Sementara untuk asupan nutrisi, ia selalu percaya dengan khasiat tanaman herbal khas Indonesia.

"Saya minum herbal juga kayak jahe dan kunyit. Divariasikan saja enggak harus makan mentah atau minum wedang jahe. Bisa bikin smoothies terus dicampur jahe, atau seledri. Saya juga rutin minum air kelapa yang ampuh untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, karena saya itu suka makan burger dan makan gorengan. Jadi memang harus diseimbangkan," jelasnya.

Selain makanan dan olahraga rutin, Soka menjelaskan bahwa menjaga pikiran dari rasa stres juga sangat penting untuk kesehatan. Meskipun pola sudah makan teratur dan rutin berolahraga, bila pikiran stres justru dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Asoka Remadja sehat

"Waktu itu saya lagi duduk di puncak Pulau Padar. Di samping saya ada bapak-bapak yang ngajak saya ngobrol, dia bilang "Saya dulu tidak merokok, tidur teratur, dan rutin berolahraga, tapi saya sempat terkena serangan jantung di usia 30 tahunan. Kata dokter itu karena saya stres dan terlalu banyak beban pikiran"," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini