nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Cara Membasuh Miss V Bisa Bikin Perempuan Susah Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 00:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 485 2095001 salah-cara-membasuh-miss-v-bisa-bikin-perempuan-susah-hamil-jjbQg1PA4x.jpg Salah cara membasuh Miss V bisa bikin perempuan susah hamil (Foto : Boldsky)

Kebersihan organ intim adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Pada perempuan, organ intim atau Miss V yang bersih dapat menjaga keseimbangan pH. Selain itu, bisa mencegah terjadinya infeksi karena bakteri.

Sejumlah ahli menuturkan, cara menjaga kebersihan organ intim perempuan cukup dengan rajin membasuhnya sehabis buang air kecil dan rutin berganti pakaian dalam. Meskipun terlihat sepele, tapi ada pula yang salah melakukannya terutama mengenai cara membasuh Miss V.

Miss V gatal

“Cara membersihkan Miss V yang benar itu membasuhnya dari depan ke belakang. Tapi ada juga yang dari arah belakang ke depan, jadi dari arah dubur ke Miss V. Padahal itu bisa menyebabkan infeksi,” ujar dr Grace Valentine, Sp.OG saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut, dr Grace mengatakan, pada dubur terdapat banyak bakteri yang berasal dari feses. Bakteri itu dikenal dengan nama E.coli. apabila Bakteri E.coli terekspos ke bagian depan Miss V dapat menyebabkan infeksi seperti keputihan abnormal.

Peluangnya semakin besar apabila perempuan sedang dalam kondisi lelah, imun turun, pH Miss V berubah. “Kondisi itu lebih rentan untuk terjadi keputihan yang abnormal. Oleh karenanya, perempuan disarankan untuk membasuh Miss V dari depan ke belakang dan selalu dikeringkan, jangan dibiarkan basah,” tutur dr Grace.

organ intim sehat

Apabila kondisinya tidak memungkinkan, seperti berada di toilet umum, ada tips sederhana yang bisa dilakukan. Pertama membasahi tisu dengan sedikit air. Lalu gunakan tisu yang sedikit basah tersebut untuk membasuh Miss V dari depan ke belakang. “Kemudian usap lagi dengan tisu kering,” imbuh dr Grace.

Masalah infeksi karena bakteri ini harus benar-benar diperhatikan. Sebab bagi mereka yang telah menikah dan merencanakan punya anak, semua infeksi yang terjadi di Miss V atau kandungan dapat menghambat proses kehamilan. Termasuk bila ada keputihan yang abnormal karena bakteri tertentu.

“Keputihan yang abnormal bukan hanya menghambat proses kehamilan, tapi juga meningkatkan risiko terjadinya kehamilan di luar rahim,” ungkap dr Grace.

infeksi miss v

Dijelaskan olehnya, keputihan abnormal yang terlalu sering dapat melebarkan sel telur. Kondisi itulah yang menyebabkan kemungkinan risiko terjadinya kehamilan di luar rahim. “Jadi jika ada infeksi harus ditangani dulu,” pungkas dr Grace.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini