nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rinaldy Yunardi Bawa Keindahan 34 Provinsi dalam Koleksi Aku, Untukmu Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 08:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 194 2095029 rinaldy-yunardi-bawa-keindahan-34-provinsi-dalam-koleksi-aku-untukmu-indonesia-r2INhb3RTV.jpg Rinaldy Yunardi mempersembahkan koleksi 'Aku, Untukmu Indonesia' di JFFF 2019 (Foto: Sukardi/Okezone)

Namanya sudah menggema besar di Tanah Air maupun mancanegara. Hasil tangannya telah diakui dunia dengan 3 penghargaan sekaligus di World of WearableArt. Begitulah sejarah yang dicatat Aksesori Desainer Rinaldy Yunardi.

Menjadi anak bangsa dari keturunan Tionghoa, tak mengurangi rasa bangganya pria yang biasa disapa Yungyung tersebut. Bahkan, bakti Rinaldy Yunardi pada bangsa ini tertuang dengan sangat indah di koleksi teranyarnya yang diberi nama 'Aku, Untukmu Indonesia'.

 Fashion show

Pada koleksi yang secara spesial ditampilkan di Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2019 itu, Yungyung mempersembahkan 35 buah tangannya yang ternyata memperlihatkan kekayaan negara Indonesia. Ya, secara khusus Yungyung mencipta aksesori yang terinspirasi dari keindahan 34 provinsi yang ada di Indonesia dan satu koleksi spesial yang diberi nama 'Ibu Pertiwi'.

 Fashion show

Bercerita pada awak media, Yungyung mengaku mesti riset mendalam untuk bisa menciptakan karyanya tersebut. Bahkan, waktu yang dia butuhkan untuk mengumpulkan semua data sekitar satu tahun.

 Fashion show

"Proses penciptaan koleksi ini sangat lama. Saya harus riset satu tahun untuk bisa menggali banyak informasi yang saya butuhkan. Bukan waktu yang sebentar, karena saya mesti menggali sangat dalam dan menentukan seperti apa bentuk karyanya," ungkap Yungyung sebelum melangsungkan pagelaran di JFFF 2019, Rabu (21/8/2019).

 Fashion show

Riset yang dilakukan Rinaldy Yunardi pun tak main-main. Dia mesti pergi ke Perpustakaan Nasional untuk bisa mengumpulkan data. Tapi, dia mengaku kalau di sana tidak banyak buku yang tersedia terkait dengan identitas mengenai setiap provinsi. Kalau pun ada, datanya tidak begitu lengkap.

Yungyung juga mengaku kalau dirinya banyak mendapatkan informasi dari buku-buku berbahasa Inggris. Lagi lagi, informasi yang tersaji tak banyak, sehingga kendala ini yang kemudian membuat proses penciptaan karya menjadi lama dan menyita waktu. Meski begitu, Yungyung harus membuat karya yang akan ditampilkan di JFFF 2019.

 Fashion show

"Makanya, aku selalu bilang, kalau ada yang kurang tepat dengan interpretasi yang aku ciptakan, aku minta maaf. Tapi, semoga karya 'Aku, Untukmu Indonesia' ini bisa mewakili keberagaman dan tentunya keindahan Indonesia," papar Yungyung.

Keindahan 34 Provinsi Indonesia di Tangan Rinaldy Yunardi

 Fashion show

Dapat dilihat, dalam fashion show yang dihelat di JFFF 2019 ini, koleksi Rinaldy Yunardi cukup menggambarkan bagaimana indahnya Indonesia. Banyak detail kecil yang diperlihatkan Yungyung dan itu menjadi kekuatan dia dalam menciptakan koleksi teranyarnya ini.

 Fashion show

Jika bicara secara khusus bagaimana tampilan koleksi aksesori ini, Anda akan sangat dimanjakan dengan permainan teknik detail yang memang menjadi kekuatan Rinaldy Yunardi. Bahkan, jika Anda melihatnya lebih dekat, maka ada identitas 34 provinsi yang tertuang dalam aksesori berbahan logam khas Rinaldy tersebut.

Yungyung menjelaskan, identitas Indonesia tidak hanya dapat dilihat dari bentuk dan rupa aksesori, tapi juga dari warnanya.

"Indonesia itu sangat terkenal dengan 3 warna utama ini: tembaga, silver, dan emas dan itu saya perlihatkan di koleksi ini," paparnya.

 Fashion show

Hal menarik yang tak bisa dilewatkan adalah karya yang disebut Rinaldy Yunardi dengan nama 'Ibu Pertiwi'. Aksesori itu sangat megah di mana facemask berwarna emas tersebut berbentuk menyerupai matahari. Namun, yang mesti diperhatikan ialah pancaran cahaya lingkaran diinterpretasikan dengan tusuk konde dengan motif bunga yang sangat cantik.

 Fashion show

Tidak hanya itu, pada bagian kepala terdapat detail yang sangat indah di mana terdapat pola seperti aliran air yang sangat lembut. Di bagian lengan, ada gelang panjang yang dipersatukan dan ini memperkuat kesan strong dari koleksi istimewa ini.

 Fashion show

"Aku berharap, semakin banyak desainer yang mengangkat keindahan Indonesia karena memang begitu indah negeri ini. Mengenal budaya bangsa juga akan membuat kita semakin bangga dengan negara ini. Koleksi ini benar-benar saya persembahkan untuk Indonesia. Ini pertama kalinya dalam sejarah karier saya, seluruh koleksi terinspirasi dari Indonesia dan saya bahagia dengan ini semua," pungkas Yungyung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini