nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak KEK Pariwisata Mandalika, Membuat Wisatawan Makin Betah untuk Liburan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 22:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 406 2095471 dampak-kek-pariwisata-mandalika-membuat-wisatawan-makin-betah-untuk-liburan-Aw0aevo0XA.jpg Dampak KEK Pariwisata di Mandalika (Foto: Dok. Okezone)

KEINDAHAN destinasi wisata Lombok sudah tak diragukan lagi oleh wisatawan. Bahkan, pemerintah serius membangun wilayah tersebut menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, yang masuk dalam daftar 10 Bali Baru. Seperti di kawasan wisata Mandalika.

Jika dilihat potensinya, wisata Mandalika memiliki alam yang indah berupa pantai yang selalu diincar wisatawan. Kawasan ini sangat nyaman dikunjungi karena suasananya asri.

 Kawasan wisata Mandalika

Berjarak 30 menit dari bandara Internasional Lombok, terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan. Selain itu, terdapat Pantai Kuta yang terkenal dengan pasir putih dan air laut yang jernih, lengkap dengan latar belakang pemandangan bukit yang menjadi pintu masuk KEK Mandalika.

Ditambah juga dengan potensi wisata sosial masyarakat Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende, yang dihuni oleh Suku Sasak. Wisatawan yang datang ke kawasan wisata Mandalika masih bisa mempelajari suku dan budaya masyarakat Lombok yang terasa kental.

Belum lagi beragam kulinernya yang begitu nikmat. Mulai dari sate rembiga, plecing kangkung, ayam taliwang, hingga nasi balap puyung, kelezatannya tak tertandingi.

Secara akomodasi seperti penginapan, resor atau hostel sederhana, kawasan ini sudah terbilang lengkap. Hal tersebut membuat banyak wisatawan dari berbagai kalangan tak ragu dan betah liburan di  Mandalika.

 Kawasan wisata Mandalika

Menilai potensi tersebut, Founder KAHMIPreneur Kamrussamad mengatakan, Mandalika dapat menjadi terobosan baru dalam meningkatkan perekonomian. Khususnya didukung dengan panorama alam yang indah, pasti bikin wisatawan nyaman berkunjung ke Mandalika.

"Kami harapkan dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan ekonomi, kesenjangan antar wilayah, dan menciptakan daya saing perekonomian Indonesia," ungkap Kamrussamad.

Kawasan wisata Mandalika

Asal tahu saja, Mandalika telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi kawasan pariwisata.

Dengan demikian, masyarakat sekitar Mandalika merasa terbantu dengan keseriusan pemerintah, dalam mengembangkan kawasan jantung wisata Nusa Tenggara Barat tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini