nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Nyamuk Sedunia, Kenali Jenis Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya

Heidy Safira, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 481 2095188 hari-nyamuk-sedunia-kenali-jenis-nyamuk-dan-penyakit-yang-dibawanya-ngXC2ptk8q.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Hari Nyamuk Sedunia jatuh pada tanggal 20 Agustus setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar meningkatkan kesadaran pada masyarakat tentang penyakit yang ditularkan dari nyamuk dan bagaimana mencegahnya.

WHO (World Health Organization) memberikan laporan tentang kematian yang disebabkan oleh nyamuk di seluruh dunia setiap tahunnya, jumlahnya bisa mencapai 500 juta. Tentu hal ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang membunuh satu anak setiap 30 detik dari 3.000 anak setiap harinya.

Begitu pun dengan hasil laporan UNICEF, ada sekitar 40% jiwa di seluruh dunia tinggal di daerah-daerah yang berisiko malaria lebih tinggi. Apalagi musim hujan dianggap sebagai musim perkembangbiakan nyamuk, itu sebabnya jumlah orang menderita penyakit yang ditularkan dari nyamuk meningkat pada musim tersebut setiap tahun.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (22/8/2019), kenali jenis-jenis nyamuk beserta penyakit yang ditularkan.

1. Aedes

Nyamuk

Nyamuk ini adalah nyamuk yang dapat membawa virus yang ditandai dengan bercak hitam putih pada bagian tubuh. Nyamuk jenis ini yang menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, demam rift valley (RVF), zika, demam kuning, dan chikungunya.

2. Anopheles

Nyamuk

Nyamuk ini memiliki 400 spesies tetapi hanya 30-40 spesies yang dapat menyebarkan malaria secara alami. Dikenal dengan tanda pucat atau gelap pada sayapnya, nyamuk dengan nama Anopheles ini menyebabkan penyakit seperti malaria dan limfatik filariasis (juga dikenal sebagai elephantiasis).

3. Culex

Nyamuk

Nyamuk dengan tipe berukuran sedang ini umumnya banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di dunia. Ditandai dengan sisik berwarna coklat pada bagian tubuhnya. Nyamuk jenis ini dapat menyebabkan penyakit seperti kaki gajah dan demam West Nile.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit yang ditularkan nyamuk selama musim hujan?

Sebaiknya menjaga agar jendela dan pintu tertutup rapat, menjaga kebersihan anggota tubuh dengan mandi dua kali sehari dan tetap bersih karena nyamuk tertarik pada keringat yang menempel di tubuh. Kemudian gunakan obat nyamuk alami, dan pastikan tempat sampah selalu tertutup setiap waktu.

Demikian beberapa hal penting yang harus kita ketahui untuk menyelamatkan ribuan jiwa manusia di bumi dari serangan nyamuk mamatikan.

1
3

Berita Terkait

Gigitan Nyamuk

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini