nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Klimaks, Butuh Waktu Berapa Lama untuk Lanjut Ronde Kedua?

Heidy Safira, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 01:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 485 2095044 usai-klimaks-butuh-waktu-berapa-lama-untuk-lanjut-ronde-kedua-5lUjoKtVEc.jpg Ilustrasi pasangan bermesraan di atas ranjang (Foto: Shutterstock)

SETELAH mencapai klimaks saat melakukan hubungan seksual, tentu sebagian besar orang perlu istirahat sejenak sebelum lanjut ke ronde berikutnya. Fase ini disebut periode refraktori.

Tapi hal ini tidak berlaku bagi wanita, penelitian menunjukan perempuan hanya butuh waktu beberapa detik untuk kembali terangsang usai klimaks, berbeda dengan pria yang membutuhkan waktu 30 menit sampai 24 jam.

Hubungan seks klimaks

Untuk memahami hal ini sepenuhnya, kita harus tahu dulu apa itu periode refraktori? Periode refraktori merupakan saat di mana wanita dan pria memiliki masa pemulihan setelah mencapai klimaks berhubungan seks.

Periode refraktori terjadi setelah seseorang mencapai klimaks dalam berhubungan seksual yang juga disebut sebagai tahap resolusi. Hal ini didefinisikan sebagai waktu antara orgasme dan ketika tubuh Anda siap untuk terangsang secara seksual kembali.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Periode Refraktori

Periode refraktori bukanlah sesuatu yang muncul tiba-tiba. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Di antaranya tingkat sensitivitas pada seseorang, kualitas dan keadaan emosional saat berhubungan seksual, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan dan rasa nyaman pada pasangan.

Penelitian menunjukkan bahwa setelah ejakulasi atau mencapai klimaks, tubuh pria lebih mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena sistem reproduksi pada pria banyak bekerja sehingga otot penis berkontraksi dan menjadi lemas.

Lalu berapa lama periode refraktori akan berlangsung? Untuk seorang remaja laki-laki, periode refraktori akan terjadi beberapa menit sampai beberapa jam.

Studi menunjukkan salah satu faktor yang mempengaruhi periode refraktori adalah usia. Dengan bertambahnya usia, pria membutuhkan 12 hingga 24 jam untuk terangsang lagi secara seksual.

Bagaimana agar dapat mempersingkat durasi periode refraktori?

Lamanya periode refraktori ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Yaitu, fungsi seksual, gairah dan kesehatan secara keseluruhan. Cara terbaik untuk mempersingkat durasinya adalah dengan meningkatkan ketiga faktor tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini